Lazada

4 Cara Cek Tagihan Listrik PLN Pasca Bayar Bulanan Secara Online

No Comment October 06, 2019
Cara Cek Tagihan Listrik PLN Pasca Bayar Bulanan Secara Online. Listrik merupakan sebuah energi yang sangat penting saat ini, bahkan telah menjadi kebutuhan pokok yang begitu penting.
Dengan adanya listrik kita dapat melakukan aktifitas sehari sehari untuk menggunakan barang elektronik seperti HP, Laptop, Komputer, Kulkas, TV, Kipas dan masih banyak lagi. Namun untuk menikmati fasilitas listrik yang telah disediakan oleh perusahaan negara yaitu PLN maka kita juga diwajibkan untuk membayar layanan tersebut.

Agar tidak terjadi pembengkakan biaya pada saat melakukan pembayaran listrik, maka kita harus mengeceknya setiap saat. Untuk mengeceknya juga terbilang sangat mudah yaitu kita bisa menggunakan HP atau Laptop yang sudah terhubung ke internet.

Kenali Tipe Instalasi Listrik Yang Kalian Gunakan

Sebelum kita mengecek biaya tagihan listrik, kita harus mengenali tipe atau jenis instalasi listrik yang kita gunakan dulu karena terdapat dua jenis instalasi listrik yang ada di setiap rumah.

Instalasi Listrik Prabayar ialah sebuah instalasi listrik yang menggunakan sistem pembayaran terlebih dahulu untuk menggunakan fasilitas listrik tersebut. Jadi untuk menggunakannya kalian harus membeli token atau pulsa sebagai pembayarannya, jika pulsa tersebut hampir habis maka akan ada tanda bunyi bep bep berkali kali.

Instalasi Listrik Pascabayar berbeda dengan yang sebelumnya, di jenis ini Pascabayar menerapkan sistem pemakaian dahulu lalu setelah itu baru bayar tagihannya, jadi pelanggan PLN jenis ini akan membayar tagihan listrik setiap bulan di tanggal jatuh tempo yang telah ditentukan, jika terlambat atau tidak membayar dalam jangka waktu tertentu maka fasilitas listrik di rumah pelanggan tersebut akan didenda bahkan bisa saja dicabut atau diputus.
Perlu diketahui juga, untuk mengecek tagihan listrik secara online ini hanya berlaku untuk jenis instalasi listrik Pascabayar saja.

Cara Mudah Untuk Cek Tagihan Listrik PLN Di HP Dan PC


1. Melalui Panggilan Telepon

Cara Pertama yang bisa kalian lakukan untuk cek biaya tagihan listrik adalah dengan menelpon Call Centre Customer Service PLN dengan menyambungkan telepon ke nomor 123 atau bisa juga dengan menambahkan kode wilayah kalian masing masing, contohnya jika rumah kalian di kota Surabaya dan Sidoarjo maka hubungi 031-123 dan ikuti petunjuk operator tersebut. Layanan ini mengenakan tarif telepon normal dan tersedia selama 24 jam sehingga kalian dapat menghubungi PLN kapanpun.

2. Mengirim Pesan SMS

Selain melalui panggilan telepon, kita juga bisa menggunakan layanan SMS sekali cek atau bisa juga secara continue (berlangganan).

  • Cara cek tagihan listrik sekali cek (per bulan)
Kirim pesan SMS dengan format REK (spasi) No ID Pelanggan lalu kirim ke 8123. Contoh REK 123456789012.
  • Cara berlangganan info tagihan listrik setiap bulan
Kirim pesan SMS dengan format PLN (spasi) ON (spasi) No ID Pelanggan lalu kirim ke 8123. Contoh PLN ON 123456789012.
  • Cara berhenti berlangganan info tagihan listrik setiap bulan
Kirim pesan SMS dengan format PLN (spasi) OFF (spasi) No ID Pelanggan lalu kirim ke 8123. Contoh PLN OFF 123456789012.

Perhatian: untuk mendapatkan informasi tagihan listrik setiap sms akan dikenakan biaya sebesar Rp 500 (belum termasuk biaya PPN 10%).

3. Cek Di Website

Cara Cek Tagihan Listrik PLN Via Website
Kita juga dapat mengunjungi situs website cekbill.com melalui browser yang ada di HP ataupun di PC untuk mengetahui informasi biaya tagihan listrik dengan mudah.
1. Buka browser kalian dan unjungi situs Cekbill.com
2. Selanjutnya pilih menu "Cek Tagihan Listrik PLN" yang ada di website tersebut.
3. Masukkan No ID pelanggan PLN kalian.
4. Masukkan kode Chaptcha untuk memverifikasi.
5. Klik "Cek Tagihan" untuk melihat informasi tagihan listrik PLN kalian.

Baca juga :

4. Menggunakan Aplikasi Android

Cara Cek Tagihan Listrik PLN Via Aplikasi Android
Selanjutnya kita juga bisa menggunakan HP android kita untuk cek tagihan listrik pascabayar melalui aplikasi yang bia kita download di Google Playstore.
1. Download aplikasi PLN Mobile untuk android.
2. Buka aplikasi PLN Mobile tersebut.
3. Lalu kalian masuk ke menu "Informasi Tagihan Dan Token Listrik".
4. Kemudian masukkan No ID pelanggan atau Nomor Meteran PLN kalian dengan benar.
5. Silahkan kalian klik "Cari".
6. Setelah itu akan muncul halaman mengenai informasi tagihan listrik kalian.

Baca juga :

Itulah tutorial singkat mengenai Cara Cek Tagihan Listrik PLN Pasca Bayar Bulanan Dengan Online via HP ataupun PC yang dapat saya tunjukkan kepada kalian semua, semoga bermanfaat.
Promo Menarik
Thumbnail
Diskon Barang Elektronik Di Lazada Hingga 80%
Cek disini
Thumbnail
Promo Cuci Gudang, Diskon Sampai 50%
Cek disini
Thumbnail
Murah Pol - Barang Murah Berkualitas Mewah
Cek disini
Thumbnail
Tampil Cantik Gak Perlu Mahal - Diskon 50%
Cek disini
Thumbnail
Kumpulan Barang Untuk Kesehatan - Diskon 50%
Cek disini

Comments

Lazada