Lazada

7 Cara Mengatasi Aplikasi/Game Error Dan Keluar Sendiri Di Android

No Comment August 07, 2019
Penyebab Dan Cara Mengatasi Aplikasi Error Dan Keluar Sendiri Di Android. Membahas mengenai aplikasi yang sering berhenti secara paksa dan keluar sendiri memang sangatlah luas karena banyak sekali penyebabnya.

Selain itu aplikasi yang error biasanya akan menampilkan beberapa pesan mengenai apa yang sedang terjadi, seperti "Sayangnya aplikasi telah berhenti", "Aplikasi tidak terpasang", "Aplikasi tidak menanggapi", "Unfortunately, App has stopped" dan masih banyak lagi pesan semacamnya.

Berdasarkan dari pengalaman saya saat membuka facebook tiba tiba muncul pemberitahuan "Sayangnya aplikasi telah berhenti" ternyata hal tersebut diakibatkan karena saya telah terlalu banyak menjalankan aplikasi secara bersamaan.

Penyebab Dan Solusi Memperbaiki Aplikasi/Game Yang Error, Keluar Sendiri, Tidak Terpasang Dan Tidak Bisa Dibuka

Sebelum kita membahas cara menangani masalah aplikasi yang error di android baik itu aplikasi medsos, game atapun alat, maka alangkah baiknya jika kita membaca terlebih dahulu mengenai apa saja penyebab yang bisa membuat aplikasi tersebut menjadi error.

Beberapa Penyebab Aplikasi Atau Game Yang Membuat Error, Keluar Dengan Sendirinya Dan Tidak Bisa Dibuka

1. Aplikasi Tidak Terpasang
Untuk kasus yang pertama adalah saat membuka aplikasi tersebut lalu muncul pemberitahuan yang berisi "Aplikasi tidak terpasang" kemudian aplikasi tersebut tidak dapat dibuka. Hal ini biasanya disebabkan oleh aplikasi yang datanya disimpan di memori eksternal (micro SD Card), dan memori eksternal tersebut telah dicopot atau telah rusak sehingga tidak bisa terdeteksi di smartphone.

2. Perangkat Dan Aplikasi Tidak Kompatibel
Aplikasi yang tidak dapat dibuka biasanya aplikasi tersebut tidak kompatibel dengan perangkat smartphone kamu, beberapa hal yang bisa mempengaruhinya adalah spesifikasi yang kurang mumpuni, aplikasi rusak, aplikasi bajakan atau ilegal.

3. RAM Android Penuh
RAM juga memiliki peranan penting dalam mengelola aplikasi, jika memori RAM telah penuh dan bekerja terlalu dipaksa maka akibatnya bisa berakibat fatal, seperti sistem akan melakukan penutupan paksa (force close) terhadap semua aplikasi yang berjalan sehingga proses aplikasi tersebut terhenti, perangkat menjadi blank lalu restart sendiri dan hal buruk lainnya.

4. Memori Internal Penuh
Selain RAM, memori internal juga penting karena semua data aplikasi yang terpasang akan terhubung ke memori internal. Selain itu jika memori internal telah penuh maka hal ini bisa mempengaruhi proses kinerja smartphone kamu.

5. Koneksi Internet Tidak Stabil
Hal lainnya yang tak kalah penting adalah koneksi internet kamu sendiri. Jika kamu menggunakan aplikasi yang membutuhkan jarngan internet maka kamu wajib memiliki koneksi jaringan internet yang stabil, karena jika tidak maka aplikasi tersebut akan berjalan sangat lemot dan lamban sehingga bisa saja aplikasi tersebut akan tiba tiba berhenti secara paksa.

Solusi Mengatasi Aplikasi Atau Game Yang Error

1. Restart Smartphone
Hal ini memang tidak terlalu berpengaruh, namun bisa kalian coba sendiri untuk melihat hasilnya. Dengan melakukan mulai ulang (reboot) pada smartphone maka semua aplikasi yang berjalan akan dimulai dari awal. Untuk melakukan restart biasanya tekan tombol power hingga muncul popup "Nayalakan Ulang/Reboot/Restart".

2. Periksa Memori Eksternal
Pastikan memori eksternal kamu masih dalam kondisi baik baik saja, untuk mengeceknya kamu bisa masuk ke menu "Pengaturan > Penyimpanan" di situ kamu akan melihat semua keterangan yang ada mengenai memori penyimpanan kamu.

Jika memori eksternal kamu masih terbaca berarti memori kamu dalam kondisi baik, tapi jika sebaliknya maka memori kamu telah rusak. Jika sudah rusak maka solusinya yaitu kamu harus mendownload ulang aplikasi yang telah kamu simpan di micro SD Card.

3. Cek Spesifikasi Perangkat Dan Aplikasi
Mengecek Spesifikasi Smartphone Android
Mengecek spesifikasi smartphone android
Silahkan kalian periksa terlebih dahulu spesifikasi perangkatmu setelah itu bandingkan dengan kebutuhan spesifikasi yang telah ditentukan untuk menjalankan aplikasi tersebut.

Periksa semua versi OS Android, RAM, Memori Internal, CPU, GPU yang di smartphonemu, jika ada beberapa spesifikasi yang tidak mumpuni maka sudah bisa ditemukan masalahnya yaitu perangkatmu tidak kompatibel. Solusinya adalah harus update OS jika memang hanya itu yang menjadi masalah, tapi jika hardware-nya yang tidak kuat seperti RAM, Memori Internal dan sebagainya maka kamu harus beli HP dengan spesifikasi yang cukup.

Selain itu downloadlah aplikasi versi resmi melalui Google Playstore, karena jika mendownload aplikasi dari situs yang tidak terpercaya maka kemungkinan besar aplikasi tersebut ilegal dan bisa mengandung virus yang berbahaya bagi smartphonemu.

Baca juga : 3 Cara Ampuh Menghilangkan Iklan Di Android

4. Paksa Berhenti Aplikasi
Mengecek Spesifikasi Smartphone Android 2
Paksa Berhenti Aplikasi
Cobalah untuk mematikan paksa semua aplikasi yang sedang berjalan untuk membuat RAM stabil dan jalankan aplikasi yang memang sedang dibutuhkan saja. Untuk mematikan paksa aplikasi yang sedang tidak digunakan maka kamu masuk ke menu "Pengaturan > Aplikasi" kemudian pilih beberapa aplikasi yang hendak diberhentikan dengan mengetuk "Paksa Berhenti".

5. Hapus Data Aplikasi Dan Bersihkan File Cache
Mengecek Spesifikasi Smartphone Android 3
Hapus Data Dan Cache Aplikasi
Selanjutnya kamu bisa mencoba untuk menghapus beberapa data aplikasi dan file cache pada smartphone kamu supaya ruang memori internal kamu sedikit longgar. Masuk ke "Pengaturan > Aplikasi > Pilih aplikasi > Penyimpanan" setelah itu kalian ketuk tombol "Hapus cache" dan "Hapus data".

Baca juga : 7+ Aplikasi Pembersih File Sampah (Cleaner) Terbaik Di Android

6. Instal Ulang Aplikasi
Jika beberapa cara di atas tidak membuahkan hasil maka kalian harus mencopot dan memasangnya kembali aplikasi tersebut. Tapi sebelum melakukan kalian harus menghapus data aplikasi tersebut seperti langkah no.4.

Untuk menginstal ulangnya kamu pergi ke "Pengaturan > Aplikasi > pilih aplikasi > Copot pemasangan" tunggu hingga selesai dan download kembali aplikasi tersebut di Google Playstore.

7. Factory Reset Ponsel
Apabila semua cara di atas tadi telah kalian lakukan namun tidak berhasil, maka jalan satu satunya adalah mengembalikan semua sistem ke setelan pabrik (Factory Reset). Untuk melakukannya pastikan data kalian sudah dibackup ke memori eksternal atau cloud storage, jika sudah pergilah menuju menu "Pengaturan > Opsi setel ulang > Kembalikan ke setelan pabrik > Reset ponsel" dan tunggu hingga ponsel anda menyala kembali.

Baca juga :
7 Cara Mengatasi HP Android Sering Restart/Mati Sendiri, Lag Dan Macet
4+ Cara Mempercepat Kinerja HP Android Tanpa Root Dan Rahasia
7 Penyebab Dan 5 Cara Mengatasi HP Android Lemot, Lag Dan Sering Macet

Cukup itu saja pembahasan mengenai Cara Mengatasi Aplikasi Error Dan Keluar Sendiri Di Android yang dapat saya tunjukkan kepada kalian semua, semoga bermanfaat.

Cara ini bisa kalian terapkan pada semua jenis HP android seperti Nexus, ZTE, Samsung, Smartfren, Xiaomi, Vivo, Nokia, Honor, Evercoss, Lava, Advan, Huawei, Luna, Axioo,  Lenovo, Acer, Coolpad, Oppo, Nubia, Realme, Motorola, Sony, Asus Zenfone dan ROG, LG, Infinix, dan juga merek lainnya.
Promo Menarik
Thumbnail
Diskon Barang Elektronik Di Lazada Hingga 80%
Cek disini
Thumbnail
Promo Cuci Gudang, Diskon Sampai 50%
Cek disini
Thumbnail
Murah Pol - Barang Murah Berkualitas Mewah
Cek disini
Thumbnail
Tampil Cantik Gak Perlu Mahal - Diskon 50%
Cek disini
Thumbnail
Kumpulan Barang Untuk Kesehatan - Diskon 50%
Cek disini

Comments

Lazada