Lazada

8 Cara Memperbaiki SIM Card Error Dan Tidak Terdeteksi Di Android

No Comment August 06, 2019
Penyebab Dan Solusi Untuk Memperbaiki SIM Card Error Dan Tidak Terdeteksi Di Android. Kartu SIM atau dalam bahasa inggrisnya adalah SIM Card merupakan sebuah alat yang digunakan untuk menghubungkan ponsel atau smartphone kita kedalam jaringan yang sudah ditentukan oleh operator SIM Card tersebut.

Dengan melalui jaringan tersebut kita bisa saling berkomunikasi melalui telepon, sms dan internet dengan mudah dan praktis. Namun bagaimana jika SIM tersebut tiba tiba error? tentu hal ini membuat kita merasa bingung dan jengkel, untuk menangani masalah tersebut silahkan baca artikel ini dengan tuntas.

Penyebab Terjadinya SIM Card Yang Error Sehingga Tidak Dapat Terdeteksi Dan Solusi Untuk Menanganinya Dengan Tepat

Sebelum kita menangani sebuah masalah pada SIM Card maka kita wajib melihat dan menganalisa masalah tersebut, dengan begitu kita akan dengan mudah menyelesaikannya dengan mengambil langkah yang tepat karena sudah paham betul tentang masalah yang sedang kita alami.

Penyebab Terjadinya SIM Card Yang Error Sehingga Tidak Dapat Terdeteksi

1. Terjadi Gangguan Jaringan (Tidak Ada Layanan)
Penyebab pertama yang mungkin terjadi adalah operator atau provider pernyedia layanan jaringan tersebut memang sedang mengalami gangguan atau dalam masa perbaikan, entah itu karena akibat dari pemedaman listrik oleh PLN; tower atau menara pemancar sinyal tersebut rusak; jauh dari area layanan jaringan.

2. Masa Aktif Kartu SIM Telah Habis
Selanjutnya yaitu kemungkinan lainnya adalah masa aktif kartu anda telah hangus dari masa yang telah ditentukan sehingga tidak dapat digunakan lagi. Biasanya hal ini disebabkan karena kita jarang memakai kartu sim tersebut sampai terlupa untuk melakukan pengisian (top up) pulsa dan akhirnya hangus.

3. SIM Card Telah Rusak
Kuningan pada SIM merupakan komponen utama untuk selalu terhubung dengan penyedia layanan jaringan yang kita gunakan apabila telah mengalami kerusakan seperti kotor, terkena goresan, patah atau terpotong, tercelup ke air atau bahan kimia, terlalu sering pasang copot SIM hingga lecet.

Selain itu usia pada SIM card juga berpengaruh, biasanya jika SIM card sudah berusia di atas 5 tahun maka SIM card tersebut sudah rawan mengalami kerusakan karena memang sudah tua termakan usia.

4. Konfigurasi SIM Salah
Selain itu konfigurasi atau setelan pada SIM Card tersebut telah berubah karena sering di otak atik. Contohnya saja kalian tidak menggunakan layanan jaringan yang tidak semestinya, memilih tipe jaringan yang tidak cocok seperti belum support 4G tapi memilih jenis jaringan 4G dan settingan APN yang salah.

5. Mode Pesawat Aktif / SIM Dinonaktifkan
Jika terdapat notifikasi yang berisi "Tidak ada layanan" maka kemungkinan besar adalah anda telah mengaktifkan Mode Pesawat atau juga Menonaktifkan Jaringan. Ya menu tersebut memang berfungsi unntuk memutuskan semua jaringan pada SIM Card kalian, bahkan biasanya jaringan Wi-Fi dan Bluetooth juga ikutan mati.

6. Tidak Ada Nomor IMEI
IMEI merupakan nomor unik yang diberikan pada setiap Slot SIM untuk membedakan antara SIM satu dengan lainnya pada setiap perangkat, apabila no Imei tersebut tidak ada atau hilang maka bisa saja SIM card anda tidak dapat digunakan.

7. Slot SIM Card Rusak
Selain SIM Cardnya yang rusak, slot untuk tempat SIM card tersebut juga bisa rusak. Hal ini terjadi karena daya yang tidak stabil sehingga komponen terlalu panas (overheat), terlalu sering gonta ganti kartu SIM sehingga kuningan pada Slot kartu sim tersebut ada yang bengkok atau hingga patah.

Solusi Mengatasi Masalah Slot Dan SIM Card Yang Error Dan Tidak Terdeteksi Di Android

1. Pastikan Kalian Berada Di Dalam Jangkauan Jaringan
Hal yang pertama kali kalian harus lakukan adalah kalian harus berada di tempat yang bisa menjangkau penyedia layanan jaringan tersebut, dengan begitu kamu bisa terhubung dengan jaringan.

2. Periksa Masa Aktif Kartu SIM
Silahkan kalian cek masa aktif kartu sim kalian, apakah masih berlaku, masuk dalam masa tenggang atau malah sudah hangus. Untuk mengeceknya pada umumnya yaitu dengan melakukan panggilan ke *123# atau bisa juga menggunakan aplikasi sesuai operator jaringan seperti Axis menggunakan Axisnet, Tree menggunakan Bimatri dan operator lainnya, bisa kalian melihat panduannya di situs resmi mereka.

3. Bersihkan Kuningan SIM Card
Bersihkan kuningan pada SIM Card untuk menghilangkan kotoran yang menempel pada kuningan SIM Card tersebut, untuk membersihkan kalian harus melakukannya dengan memakai tisu atau penghapus karet yang bersih dan diusapkan ke kuningan SIM Card tersebut dengan pelan pelan hingga bersih.

4. Nonaktifkan Mode Pesawat Dan Aktfikan SIM Card
Nonaktifkan Mode Pesawat Dan Aktfikan SIM Card
Bisa jadi kartu sim kamu tidak ada layanan karena memang kamu sedang mengaktifkan mode pesawat dan juga menonaktifkan kartu sim tersebut, untuk itu kalian harus menonaktifkan mode pesawat tersebut dan mengaktifkan kartu sim tersebut.

Untuk itu masuk kedalam menu "Pengaturan > Jaringan & Internet" Kemudian "Nonaktifkan mode pesawat" lalu masuk ke dalam menu "Kartu SIM" dan "aktifkan semua kartu SIM" dengan mengetuk tombol on off tersebut.

5. Melakukan Konfigurasi Pada Jaringan
Lakukan konfigurasi jaringan secara otomatis untuk memulihkan jaringan yang hilang pada smartpthone android kamu. Disini kamu bisa melakukan konfigurasi APN atau Access Point Name (Nama Titik Akses) dan Settingan jenis jaringan 2G; 3G dan 4G LTE.

Konfigurasi APN
Konfigurasi APN
Masuk ke "Pengaturan > Jaringan & Internet > Kartu SIM > Jaringan Seluluer > Nama Titik Akses" setelah kalian ketuk ikon titik tiga yang sejajar dengan veritkal untuk menggunakan menu "Setel ulang ke default" untuk mengembalikan ke setelan dari operatornya, atau bisa juga kalian searchig di google atau situs resminya untuk mendapatkan settingan APN yang sesuai.

Konfigurasi Jenis Jaringan Otomatis
Konfigurasi Jenis Jaringan Otomatis
Masuk ke "Pengaturan > Jaringan & Internet > Kartu SIM > Jaringan Seluler > Jenis jaringan yang dipilih" kemudian kalian pilih menu "Pilih jaringan secara otomatis" untuk menghubungkan jaringan kamu sesuai dengan jenis, wilayah dan juga operator yang kamu gunakan.

6. Mencoba Menggunakan Sim Card Lain
Kalian boleh mencoba menggunakan SIM card lain dengan membelinya atau meminjamnya dari teman atau saudaramu. Setelah itu kalian coba masukkan kartu sim ke HP lain dan masukkan kartu sim lain ke HP kamu sendiri, dengan ini pasti kamu bisa mengambilkan kesimpulkan mengenai apa yang sebenarnya terjadi.

Jika kartu kamu sim kamu tidak terdeteksi hp lain berarti kartu sim kamu memang rusak, tapi jika HP kamu tidak bisa membaca kartu sim lain berarti konektor slot sim hp yang rusak.

7. Melakukan Factory Reset
Cara ini bisa dikatakan sebagai jalan terakhir, karena dengan cara ini kita akan mengmbalikan semua setelan sistem pada perangkat akan kembali ke setelan awal seperti dari pabriknya.

Dan resikonya adalah kalian akan kehilangan semua data aplikasi dan file yang terdapat di memori internal, oleh karena itu alangkah baiknya sebelum melakukan factory reset kalian backup dulu data data yang penting kalian ke Penyimpanan Eksternal atau Penyimpanan Awan.

Untuk melakukakan Factory Reset kalian bisa langsung ke menu "Pengaturan > Opsi setel ulang > Kembalikan ke setelan pabrik > Reset ponsel" dan tunggu hingga ponsel anda menyala kembali.

8. Membawanya Ke Service Center
Jika cara di atas masih saja belum bisa mengatasi masalah yang kalian alami maka tidak ada cara lainnya, yaitu selain membawanya ke tempat service.

Disana HP android kalian akan ditest dan diperiksa untuk mengetahui penyebab masalah tersebut, jika memang sistemanya yang bermasalah seperti no IMEI yang tiba tiba hilang dan OS androidnya error maka akan dilakukan flash ulang, jika masalahnya terdapat pada konektornya yang rusak maka memang harus menggantinya dengan komponen yang baru.

Biasanya biaya yang dikeluarkan untuk melakukan flashing berkisar Rp 50.000-150.000 dan untuk mengganti komponen konektor slot sim yang rusak berkisar antara Rp 50.000-125.000; harga di atas belum tentu benar karena setiap komponen dan tempat service memasang tarif yang berbeda beda, jadi lebih baik bertanya terlebih dahulu pada tukang servicenya.

Baca juga :
5 Cara Mengembalikan (Ekspor/Impor) Kontak Yang Hilang Di Android
Mengatasi Tidak Bisa kirim SMS Dan Telepon
Penyebab Dan 7 Cara Mengatasi WiFi Android Tidak Bisa Menyala

Itulah pembahasan tuntas mengenai Cara Memperbaiki SIM Card Error Dan Tidak Terdeteksi Di Android yang bisa kalian coba. Cara ini bisa digunakan untuk HP Mito, Xiaomi, Vivo, Nokia, Honor, Evercoss, Lava, Advan, Lenovo, Acer, Coolpad, Oppo, Nubia, Realme, Motorola, Sony, Huawei, Nexus, ZTE, Samsung, Smartfren, Luna, Axioo, Asus Zenfone dan ROG, LG, Infinix, dan juga merek lainnya.
Semoga artikel ini bisa membantu kalin, terima kasih.
Promo Menarik
Thumbnail
Diskon Barang Elektronik Di Lazada Hingga 80%
Cek disini
Thumbnail
Promo Cuci Gudang, Diskon Sampai 50%
Cek disini
Thumbnail
Murah Pol - Barang Murah Berkualitas Mewah
Cek disini
Thumbnail
Tampil Cantik Gak Perlu Mahal - Diskon 50%
Cek disini
Thumbnail
Kumpulan Barang Untuk Kesehatan - Diskon 50%
Cek disini

Comments

Lazada