Lazada

Penyebab Dan 7 Cara Mengatasi WiFi Android Tidak Bisa Menyala

No Comment July 23, 2019
WiFi atau singkatan dari Wireless Fidelity merupakan sebuah alat yang bisa digunakan untuk terhubung ke jaringan internet, baik itu jaringan umum ataupun pribadi.

Karena alat ini sangat berguna maka alat ini juga dipakai untuk perangkat smartphone seperti Android. Pastinya smartphone android kalian saat ini pasti ada fitur WiFinya, namun bagaimana jika WiFi tersebut mengalami masalah alias error? pasti bikin greget kan, karena jika kita tidak punya atau hanya ingin menghemat paket data internet pasti biasanya kita nyambung ke wifi untuk berinternet.

Penyebab WiFi Android Yang Error (Bermasalah)

Biasanya android yang tidak dapat menggunakan fitur wifi biasanya disebabkan oleh beberapa hal, yaitu seperti berikut:
  • Wifi adnroid tidak dapat diaktifkan/menyala/on
  • Jaringan Wifi tidak terdeteksi/terbaca
  • Android tidak dapat terhubung/connect ke wifi
  • Dan penyebab lainnya

Baca juga :
5 Cara Lengkap Mengecek Keaslian HP Android Asli Atau Palsu
3 Cara Ampuh Menghilangkan Iklan Di Android
Mengatasi Tidak Bisa kirim SMS Dan Telepon

Solusi Atau Cara Mengatasi WiFi Android Error Dan Tidak Bisa Menyala

Untuk solusi memperbaiki atau mengatasi masalah tersebut ialah kalian harus melakukan beberapa percobaan seperti di bawah ini. Cara ini bisa kamu terapkan pada HP Samsung, LG, Oppo, Xiaomi, Asus, Advan, Andromax dan merek lainnya.

1. Pastikan WiFi Android Sudah Aktif
Cara Mengatasi WiFi Android Tidak Bisa Menyala
Pastikan wifi kamu sudah aktif, jika wifi kamu tidak aktif maka sampai kapanpun hp kamu tidak akan dapat terhubung ke jaringan wifi.

Untuk mengaktifkan fitur wifi, silahkan kalian masuk ke dalam menu "Pengaturan > Jaringan & Internet > WiFi" jika silahkan kalian ketuk pada tombol on wifi untuk menyalakannya.

2. Mengatasi Wifi Tidak Dapat Menyala
Untuk yang satu ini biasanya kita sudah mengaktifkan fitur wifi tersebut namun telah terjadi kesalahan teknis seperti loading terus menerus walaupun wifi sudah dinyalakan tapi tidak dapat aktif dan sehingga tidak bisa mendeteksi jaringan wifi.

Untuk mengatasi masalah ini adalah dengan melakukan hal berikut:
  • Menonaktifkan kemudian aktifkan wifi secara berulang ulang
  • Menonaktifkan dan mengaktifkan wifi dengan jeda waktu tertentu, biasanya butuh waktu 1-2 menit
  • Restart hp kamu
  • Matikan hp kamu selama 3 menit kemudian nyalakan kembali
3. Periksa Mode Pesawat (Airplane)
Wajar saja wifi kamu tidak bisa menyala, mungkin kamu secara tidak sengaja telah mengaktifkan mode penerbangan alias mode pesaawat.

Dalam Mode Penerbangan biasanya semua jaringan yang telah terhubung akan diputus dan dimatikan selama mode pesawat ini diaktifkan termasuk wifi, bluetooth, GPRS dan radio, oleh karena itu untuk menggunakan fitur wifi kalian harus menonaktikan mode pesawat ini.

Untuk Mematikan swettingan atau mode airplane, silahkan masuk ke "Pengaturan > Jaringan & Internet > Matikan Mode Pesawat".

4. Cek Password WiFi
Bisa jadi kamu tidak bisa terhubung ke wifi karena jaringan wifi yang sedang kamu gunakan telah diubah nama dan juga kata sandinya oleh pemiliknya, biasanya jika salah memasukkan kata sandi wifi terdapat notifikasi "Terjadi masalah autentikasi", oleh karena itu silahkan kalian cek kembali.

5. Hapus Jaringan WiFi
Selanjutya adalah kalian bisa mencoba hal berikut, yaitu menghapus jaringan wifi tersebut dengan cara "Lupakan Jaringan", setelah itu matikan wifi kamu dan nyalakan kembali, kemudian sambungkan lagi ke jaringan itu lagi dengan memasukkan passwordnya dengan benar.

6. Cek Kondisi WiFi
Jika cara di atas masih tidak berhasil maka kalian harus mengecek kondisi wifi kamu, biasanya sebagian besar orang yang terhubung ke wifi menggunakan Router, Hotspot HP ataupun MIFI.

Biasanya router yang telah dipakai dalam jangka waktu yang lama akan sering mengalami error, nah jika seperti ini kalian herus merestart router wifi tersebut.

7. Factory Reset Smartphone
Cara ini termasuk cara yang beresiko karena cara ini akan menghapus semua data dan file yang ada di dalam perangkat smartphone kamu, karena semua pengaturan yang ada pada smartphone kamu akan dikembalikan ke setelan awal alias setelan pabrik.

Namun dengan cara ini biasanya kita akan bisa menggunakan wifi kita kembali dengan normal tanpa mengalami masalah. Untuk melakukan factory reset masuk ke menu "Pengaturan > Sistem > Opsi Setel Ulang > Kembalikan Ke Setelan Pabrik".

8. Bawa Ke Service Handphone
Jika semua cara di atas tidak membantu sama sekali maka cara terakhir ini adalah dengan membawanya ke tukang service hp untuk minta perbaikan, atau bisa juga ke tempat kamu beli hp untuk mengajukan garansi kamu jika itu kamu mendapatkannya dan masih berlaku.

Demikian tadi solusi untuk mengatasi masalah pada jaringan wifi pada android kamu, semoga tutorial di atas bisa membantu kalian semua.
Promo Menarik
Thumbnail
Diskon Barang Elektronik Di Lazada Hingga 80%
Cek disini
Thumbnail
Promo Cuci Gudang, Diskon Sampai 50%
Cek disini
Thumbnail
Murah Pol - Barang Murah Berkualitas Mewah
Cek disini
Thumbnail
Tampil Cantik Gak Perlu Mahal - Diskon 50%
Cek disini
Thumbnail
Kumpulan Barang Untuk Kesehatan - Diskon 50%
Cek disini

Comments

Lazada