Lazada

7 Cara Mengatasi HP Android Sering Restart/Mati Sendiri, Lag Dan Macet

2 Comments August 03, 2019
Solusi Untuk Cara Mengatasi Terjadinya HP Android Yang Sering Restart Dan Mati Sendiri. Berawal dari pengalaman saya yang saat itu bermain game game di smartphone android tiba tiba saja hp saya menjadi blank hitam, setelah itu ponsel saya langsung mati dan merestart dengan sendirinya.

Ternyata setelah saya amati, hal itu terjadi karena hp saya telah saya gunakan untuk bermain game online dalam waktu yang lama. Yap karena game online membutuhkan koneksi internet maka akan cepat sekali menguras daya dan juga membuat ponsel menjadi cepat panas sehingga terjadilah overheat.

Namun kejadian di atas hanyalah salah satu faktor saja, sebenarnya masih banyak lagi faktor yang mempengaruhi terjadinya restart/reboot sendiri pada android.
Cara Mengatasi HP Android Sering Restart/Mati Sendiri, Lag Dan Macet
Opsi Matikan Dan Mulai Ulang Ponsel

Penyebab Terjadinya Smartphone Android Restart/Mati Sendiri

1. Android Pernah DiRoot
Ini adalah kasus yang seringkali saya jumpai, karena banyak sekali teman saya yang mengalami hal ini, yaitu HP mereka sering merestart dengan sendirinya tanpa adanya perintah dari si pengguna.

Hal ini sangat sering terjadi pada perangkat yang sudah diRoot, artinya jika perangkat sudah pernah diRoot maka pengguna tersebut telah memiliki akses sepenuhnya untuk melakukan Custom ROM. Ini yang yang bahaya, jika sudah dilakukan Custom ROM dan terdapat file atau data sistem yang tidak cocok dan rusak maka sistem pada android tersebut menjadi error, sehingga terjadilah banyak kerusakan di antaranya yaitu Bootloop, Restart sendiri berulang ulang, Blank dan lain lain.

2. Terjadi Kerusakan File Pada Aplikasi
Penyebab android sering merestart sendirinya juga bisa berasal dari aplikasi tersebut, karena aplikasi tersebut bisa saja tidak kompatibel, file tidak lengkap dan file yang rusak (crash) sehingga membuat sistem android tersebut menjadi error dan tidak bekerja dengan semestinya.

3. File Sampah (Junk File) Yang Menumpuk
File sampah alias junk file sebagian besar berasal dari cache aplikasi yang terus menerus dibiarkan hingga terjadinya penumpukan file sampah. Karena file sampah tersebut dibiarkan menumpuk maka Memori Internal menjadi penuh dan bisa mengakibatkan android sering nge-Hang dan nge-blank lalu android tersebut anda restart dengan sendirinya.

4. Panas Berlebihan (Overheat)
Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya, jika hp digunakan terus menerus tanpa adanya istirahat atau dimatikan sejenak maka semua sistem akan terus berjalan memproses semua data, layar dan baterai pada ponsel juga memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap suhu ponsel.

Bukan hanya kondisi internal saja yang mempengaruhi suhu panas pada ponsel, tapi kondisi lingkungan sekitar juga berpengaruh pada ponsel yang kita gunakan terutama saat cuaca yang begitu panas.

5. Aplikasi Dan Game Masih Versi Beta
Lagi lagi, aplikasi juga berpengaruh pada perangkat android kita, baik itu aplikasi alat ataupun game. Jika kita menjalankan sebuah aplikasi rusak maka android kita juga akan ikut error, hal ini juga bisa berlaku pada aplikasi yang masih dalam tahap uji coba alias versi beta.

Kenapa demikian? karena versi beta merupakan aplikasi yang belum sepenuhnya selesai, karena aplikasi tersebut masih banyak memiliki kekurangan yang belum diketahui atau belum ditangani oleh pihak pengembang karena memang masih dalam proses pengerjaan.

6. Proses Kinerja Yang Overload
Pengaruh lainnya juga terdapat pada si pengguna tersebut, jika pengguna hp tersebut terlalu memaksakan HPnya untuk menjalankan aplikasi dan game secara bersamaan maka bisa saja hardware seperti RAM, GPU dan juga CPU pada perangkat tersebut telah overload sehingga perangkat tersebut tidak sanggup lagi memproses data yang behitu besar dan akhirnya terjadilah restart secara otomatis.

7. Perangkat Terinfeksi Virus
Memang tidak dapat dipungkiri bahwasannya virus merupakan file yang sangat merugikan dan meresahkan bagi sebagian besar orang. Karena jika perangkat smartphone ataupun tablet tersebut sudah terserang maka akibatnya sangat fatal jika tidak segera ditangani, karena virus bisa saja sewaktu sewaktu mengambil alih semua izin pada perangkatmu dan mendapatkan seluruh akses masuk pada perangkat tersebut.

Dari penjelasan beberapa penyebab di atas pastinya kalian sudah tau dan paham tentang masalah yang terjadi pada HP anda. Dan untuk mengatasi masalah di atas saya sudah menyiapkan beberapa solusi untuk menanganinya.

Solusi Untuk Mengatasi Masalah Android Yang Sering Restart Sendiri

1. UnRoot Android Kamu
Tutorial ini hanya berlaku pada perangkat yang sudah diRoot, jika perangkatmu tidak pernah diRoot kamu bisa melewati langkah ini. Silahkan kalian UnRoot perangkatmu untuk mengembalikan semua setelan sistem kembali seperti semula dengan aplikasi UnRoot ataupun melalui PC, jika tidak ingin repot bawa saja ke tukang service HP.

2. Copot Aplikasi
Copot semua pemasangan aplikasi yang masih menggunakan versi beta, aplikasi rusak (crash), aplikasi yang tidak kompatibel lagi dengan perangkatmu. Karena aplikasi jenis ini secara tidak langsung bisa saja merusak perangkatmu.

Oleh sebab itu sebaiknya kamu menggunakan aplikasi versi resmi dan didownload langsung melalui sumber yang terpercaya dan terverifikasi seperti Google Play Store. Karena jika kamu mengunduh mengunduh aplikasi dari situs yang tidak dikenal maka bisa saja aplikasi tersebut telah disusupi malware.

3. Hapus Semua File Cache
Gunakan aplikasi Cleaner untuk mengapus semua file cache pada aplikasi supaya tidak ada lagi penumpukan file sampah di memori internal. Untuk mengetahui daftar aplikasi yang terbaik silahkan baca artikel Aplikasi Pembersih File Sampah (Cleaner) Terbaik Di Android

4. Pakai Smartphone Sewajarnya
Pastikan kamu mengetahui kemampuan atau kinerja smartphone kamu, apakah bisa digunakan dalam jangka waktu yang singkat atau lama. Dengan melihat spesifikasi pada smartphone kita pastinya kita dapat mengetahui batas kemampuan smartphone tersebut saat dipakai untuk berinternet, bermain game atau aktifitas lainnya.

Usahakan juga setiap penggunaan HP tersebut menghabiskan baterai 15% cobalah untuk mengistirahatkannya (matikan layar/mode siaga) sebentar dalam waktu 5-10 menit supaya suhu CPU pada perangkat tersebut kembali normal.

5. Matikan Perangkat Sejenak
Langkah ini adalah untuk HP yang selalu terus menyala tanpa henti alias bekerja nonstop, karena penggunaan yang berlelbihan maka android tersebut sering menjadi blank hitam kemudian restart sendirinya.

Solusinya yaitu kalian hanya perlu mematikan perangkat tersebut selama beberapa waktu, antara 30-60 menit, lepas baterai (jika menggunakan baterai removable); kartu sim; memori card, usahakan pula saat mencharger (mengisi daya) pastikan dalam keadaan mati dan jangan terlalu over.

6. Hapus Virus
Instal antivirus jika perangkatmu mengalami error, karena kemungkinan besar perangkat yang error disebabkan oleh virus yang yang telah mengambil alih perangkatmu.

Gejala virus itu sendiri bisa dilihat dari beberapa hal, sering munculnya iklan yang tidak bisa ditutup/dilewati pada layar utama (homepage), android tiba tiba menjadi lemot, tiba tiba terinstal dengan sendirinya aplikasi yang tidak dikenal, dan hal hal aneh lainnya yang merugikan.

Untuk menghapus virus itu sendiri saya sudah menyiapkannya di Cara Ampuh Menghilangkan Iklan Di Android

7. Factory Reset
Apabila cara di atas masih tidak bekerja optimal maka tidak ada jalan lain selain melakukan factory reset untuk mengembalikan semua pengaturan sistem dan aplikasi ke setelan pabrik seperti dari awal.

Namun untuk melakukan cara ini saya sarankan untuk memindahkan semua data kalian dulu ke memori eksternal karena semua data baik itu berupa foto; kontak; lagu; dan file lainnya yang ada di memori internal akan diformat dan dihapus semua.

Cara melakukan factory reset yaitu masuk ke menu "Pengaturan > Opsi setel ulang > Kembalikan ke setelan pabrik > Reset ponsel" kemudian tunggu beberapa saat hingga proses booting selesai.

Baca juga :
4+ Cara Mempercepat Kinerja HP Android Tanpa Root Dan Rahasia
7 Penyebab Dan 5 Cara Mengatasi HP Android Lemot, Lag Dan Sering Macet
7 Cara Membuka Pola Android Tanpa Harus DiReset Dengan Mudah

Demikian tips dan trik untuk Cara Mengatasi HP Android Sering Restart/Mati Sendiri, Lag Dan Macet. Tutorial ini juga bisa diterpakan pada semua perangkat semua smartphone android dengan berbagai tipe dan merek seperti HP Samsung, Advan, Lenovo, Acer, Coolpad, Honor, Nubia, Realme, Motorola, Sony, Huawei, Nexus, ZTE, Smartfren, Luna, Evercoss, Lava, Axioo, Asus Zenfone dan ROG, LG, Infinix, Oppo, Xiaomi, Vivo, Nokia dan juga merek lainnya.
Semoga hal ini bisa menjadi solusi yang sedang kalian alami.
Promo Menarik
Thumbnail
Diskon Barang Elektronik Di Lazada Hingga 80%
Cek disini
Thumbnail
Promo Cuci Gudang, Diskon Sampai 50%
Cek disini
Thumbnail
Murah Pol - Barang Murah Berkualitas Mewah
Cek disini
Thumbnail
Tampil Cantik Gak Perlu Mahal - Diskon 50%
Cek disini
Thumbnail
Kumpulan Barang Untuk Kesehatan - Diskon 50%
Cek disini

2 comments:

  1. Lengkap sekali pembahasannya, namun saya mau bertanya dulu saya punya HP lenovo, nah ketika saya lagi asik-asiknya chattan di WA, tiba-tiba smartphone saya merestart dengan sendirinya, lalu pas masuk lagi ke layar desktop, tiba-tiba jadi beralih ke mode aman, dan dari situ saya tidak bisa membuka aplikasi... Setelah beberapa lama, saya penasaran ingin mereset ulang smartphone saya, dan alhasil masih tetap sama masuk ke mode aman, setelah beberapa detik tiba-tiba smartphone saya jadi ngblank,,, kira-kira itu kenapa ya? Mohon solusinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo itu biasanya terjadi karena adanya masalah terhadap software pada perangkat tersebut, bisa dari aplikasinya atau juga sistemnya yang rusak.

      coba saja lakukan pencopotan pada aplikasi yang mencurigakan dan usahakan menginstal aplikasi dari playstore.

      jika masih error maka lakukan update OS Android tersebut atau bisa juga melakukan flashing.

      Delete

Komentar spam tidak akan di tampilkan !
Maka nikmat Tuhanmu yang manakah yang kamu dustakan?
Kembalilah ke jalan yang benar sebelum Allah sendiri yang memberikan peringatan kepadamu

Lazada