Lazada

7 Penyebab Dan 5 Cara Mengatasi HP Android Lemot, Lag Dan Sering Macet

No Comment August 01, 2019
7 Penyebab Dan 5 Cara Mengatasi HP Android Lemot, Lag Dan Sering Macet
XOS Launcher Telah Berhenti
Penyebab Dan Solusi Untuk Mengatasi HP Android Yang Lemot, Nge-Lag Dan Juga Sering Macet. Pada awalnya setiap perangkat smarthphone yang tergolong baru seperti android memang sangat memikat para pembeli.

Beberapa alasannya adalah mereka terpesona dengan kinerjanya untuk memproses data yang begitu cepat dan mudah digunakan, memiliki tampilan yang elegan, fitur fitur yang selalu update dan masih banyak lagi.

Namun dengan seiring berjalannya waktu setiap smartphone pasti akan mengalami kinerja yang Lag alias lemot dan macet pada kinerja android saat menjalankan sebuah aplikasi, yap hal itu memang tidak bisa dipungkiri karena ada beberapa faktor yang menyebabkan kejadian tersebut, di antaranya adalah seperti penjelasan berikut.

Faktor Yang Menyebabkan Terjadinya Smartphone Android Yang Lemot, Lag Dan Macet

1. Terlalu Banyak Aplikasi Yang Terinstal
Faktor pertama yang mengakibatkan hp android menjadi lemot adalah banyaknya aplikasi yang terinstal pada perangkat android tersebut, karena dengan semakin banyak aplikasi yang terpasang pada sebuah perangkat maka memori internal dan RAM pada perangkat tersebut akan penuh sehingga membuat hp android menjadi lemot.

2. Banyaknya Proses Aplikasi Yang Berjalan Sehingga Memori RAM Penuh
Selanjutnya yaitu banyaknya aplikasi yang sedang berjalan, hal ini diakibatkan oleh faktor yang pertama tadi yaitu karena banyaknya aplikasi yang terinstal maka aplikasi tersebut pasti akan berjalan secara otomatis di latar belakang perangkat tersebut, sehingga banyak aplikasi yang berjalan secara bersamaan dan memakan memori RAM yang begitu banyak.

3. Terlalu Banyak File Sampah
Biasanya jika terlalu banyak aplikasi maka akan banyak sekali file sampah seperti cache pada perangkat tersebut, file seperti itu akan membuat memori internal menjadi penuh secara cepat dan membuat android menjadi lemot.

4. Memori Internal Penuh
Untuk kasus yang satu ini banyak diperngaruhi oleh banyak hal, seperti banyaknya file yang tidak terlalu penting (cache, foto kualitas rendah, duplikat file), terlalu banyak aplikasi yang terpasang dan tidak ada memori eksternal.

5. Perangkat Telah DiRoot
Bisa jadi android kalian menjadi lemot setelah kalian lakukan ROOT, karena dengan melakukan root sama mengubah setelan sistem awal pada perangkat tersebut. Jika terjadi terjadi kesalahan saat proses nge-Root maka bisa saja berakibat fatal seperti terjadinya bootloop, restart dengan sendirinya, sistem tidak berjalan dengan baik dan terjadi hal hal error yang lainnya.

6. Perangkat Telah Terserang Virus
Yang terakhir yaitu kemungkinan besar smartphone androidmu telah terinfeksi sebuah virus, karena virus ini bisa menyebar melalui file, aplikasi, pesan email; sms; whatsapp dan lain lain.
Jika sudah terinfeksi virus maka virus tersebut akan merusak sistem dan bisa juga melakukan akses yang tidak pernah kita setujui, seperti munculnya iklan pada layar android yang terus menerus, android menjadi lemot dan masih banyak kerugian lainnya.

7. Perangkat Telah Usang
Hal ini dikarenakan perangkat android yang terus menerus di upgrade sehingga OS versi lama tidak akan berjalan sempurna dengan aplikasi yang terus update untuk OS versi terbaru.

Selain itu spesifikasi pada perangkatmu sudah tidak mampu lagi menjalankan aplikasi terbaru tersebut sehingga tidak dapat kompatibel dengan perangkatmu.

Solusi Untuk Mengatasi HP Android Yang Sering Ne-Lag, Lemot Hingga Macet

1. Mengurangi Proses Program Berjalan
1.1. Gunakan Tema Dan Wallpaper Statis
Pastikan kalian menggunakan menggunakan wallpaper statis alias diam, karena jika kalian menggunakan wallpaper atau tema dengan screensaver maka itu akan memperbanyak proses latar berlakang yang berjalan. Jadi matikan aplikasi tema dan launcher pihak ketiga dan gunakan saja launcher bawaan android tersebut.

1.2. Paksa Berhenti Aplikasi Yang Berjalan
Solusi Untuk Mengatasi HP Android Yang Sering Ne-Lag, Lemot Hingga Macet
Contoh Aplikasi Yang Sedang Berjalan
Setelah kalian menggunakan aplikasi tertentu dan tidak menggunakannya lagi dalam beberapa jam atau waktu, maka kamu harus melakukan pemberhentian proses pada aplikasi tersebut, karena jika banyak aplikasi yang berjalan secara bersamaan maka RAM menjadi penuh.

Untuk menghentikan proses aplikasi yang sedang berjalan kalian bisa masuk ke menu "Pengaturan > Aplikasi > Pilih Aplikasi > Paksa Berhenti"

2. Mengosongkan Memori Internal
2.1. Menghapus File Sampah
Solusi Untuk Mengatasi HP Android Yang Sering Ne-Lag, Lemot Hingga Macet 2
File Cache Pada Aplikasi
File sampah juga mempengaruhi kinerja android, semakin banyak file sampah maka memori internal menjadi penuh dan mengakibatkan android menjadi lemot.

Solusinya yaitu kalian harus menghapus file sampah tersebut, untuk menghapus file sampah secara manual silahkan masuk ke menu "Pengaturan > Aplikasi > Pilih Aplikasi > Penyimpanan > Hapus Cache". Cara ini cara manual dan butuh waktu lama, jika ingin cepat gunakan saja aplikasi cleaner seperti CCleaner, Clean Master dan kawan kawan.

Baca juga : 7+ Aplikasi Pembersih File Sampah (Cleaner) Terbaik Di Android

2.2. Menghapus File Yang Tidak Penting
Solusi Untuk Mengatasi HP Android Yang Sering Ne-Lag, Lemot Hingga Macet 3
Memori Internal Yang Hampir Penuh
Jika kamu merasa ada beberapa file yang tidak penting maka sebaiknya kalian hapus saja, karena jika dibiarkan menumpuk akan menghambat kinerja androidmu.

Contoh file yang tidak penting adalah seperti file yang terduplikat/ganda, sisa pemasangan file .apk, foto dan video dengan kualitas rendah dan file sejenisnya

2.3. Mencopot Aplikasi Yang Tidak Penting
Copot juga aplikasi yang menurutmu sudah tidak digunakan lagi atau aplikasi yang tidak bisa dijalankan, karena terlalu banyak aplikasi maka terlalu banyak ruang penyimpanan internal yang dibutuhkan

3. Menggunakan Memori Eksternal
Cara ini adalah cara yang paling mudah dilakukan, karena dengan memasang memori eksternal maka beberapa aplikasi yang terpasang pada perangkat tersebut bisa alihkan ke ruang penyimpanan eksternal. Dengan catatan cara ini biasanya hanya akan berpengaruh pada perangkat yang memiliki RAM besar (1-2GB) namun memiliki Memori Internal yang kecil (4-8 GB).

4. Scan Dan Hapus Virus
Untuk menghapus virus pada android maka kita membutuhkan aplikasi antivirus yang terpecaya dan terjamin untuk menangani masalah ini. Untuk menghapusnya silahkan baca artikel Cara Ampuh Untuk Menghapus Virus Di Android

5. Upgrade Smartphone
5.1. Perbarui OS Perangkat Android
Mengupgrade OS (Operating System) akan membuat smartphone kamu bisa menyesuaikan dengan aplikasi yang terus update, memperbaiki kerusakan sistem dan juga menambahkan fitur fitur terbaru yang sebelumnya tidak ada pada perangkatmu.

Namun menurut saya cara ini tidak sepenuhnya akan membuat androidmu menjadi cepat dalam memproses sesuatu, karena dengan mengupgrade sistem operasi (OS) maka memori internal kamu akan dipenuhi oleh fitur fitur baru yang sebelumnya tidak ada, sehingga memori internal yang malah menjadi penuh bisa mengakibatkan android menjadi makin lemot.

5.2. Mengganti Perangkat Lama Dengan Yang Baru
Cara terkahir yaitu kamu harus membeli atau menukarkannya dengan perangkat dengan model dan versi terbaru, karena beberapa tipe android yang sudah usang alias versi lama memang biasanya sudah tidak bisa lagi menginstal aplikasi yang terus diupdate dan juga tidak bisa menggunakan fitur fitur terbarunya.

Selain itu kinerja pada perangkat versi lama akan menurun jika menggunakan aplikasi yang terbaru, bahkan akan terjadi lemot, lag, error dan masih lagi.

Baca juga :
Cara Ampuh Untuk Menghapus Virus Di Android
3 Cara Ampuh Menghilangkan Iklan Di Android
Mengatasi Tidak Bisa kirim SMS Dan Telepon
Cara Mengatasi Kontak WA Tidak Terbaca

Demikian adalah cara untuk mengatasi hp android yang sering lag, patah patah, lemot, hingga macet saat bermain game atau menjalankan aplikasi, cara ini bisa kalian terapkan pada semua merek dan model seperti HP Samsung, Advan, Lenovo, LG, Infinix, Oppo, Xiaomi, Vivo, Nokia, Motorola, Sony, Huawei, Nexus, ZTE, Smartfren, Luna, Evercoss, Lava, Axioo, Asus Zenfone dan ROG, Acer, Coolpad, Honor, Nubia, Realme dan juga merek lainnya.
Promo Menarik
Thumbnail
Diskon Barang Elektronik Di Lazada Hingga 80%
Cek disini
Thumbnail
Promo Cuci Gudang, Diskon Sampai 50%
Cek disini
Thumbnail
Murah Pol - Barang Murah Berkualitas Mewah
Cek disini
Thumbnail
Tampil Cantik Gak Perlu Mahal - Diskon 50%
Cek disini
Thumbnail
Kumpulan Barang Untuk Kesehatan - Diskon 50%
Cek disini

Comments

Lazada