Lazada

5 Penyebab Dan Solusi Baterai HP Dicas Tapi Tidak Mengisi Namun Malah Berkurang

No Comment August 21, 2019
Penyebab Dan Solusi Baterai HP Dicas Tapi Tidak Mengisi Namun Malah Berkurang. Baterai smartphone saat ini telah mengalami perubahan kemajuan semenjak adanya fitur fast charging yang mempersingkat waktu pengisian daya baterai hp.

Namun seringkali kita juga mengalami masalah masalah yang aneh pada smartphone kita khususnya bagian baterai, banyak pengguna yang tidak bisa mengecas (men-chaerger) HP mereka hingga ada yang mengalami baterainya meledak.

Dan kali ini saya akan membahas mengenai penyebab baterai smartphone yang saat dicas tidak bisa mengisi daya dengan baik dan juga cara memperbaikinya.

Penyebab Baterai HP Dicas Tapi Tidak Mengisi Namun Malah Berkurang Dan Solusi Untuk Mengatasinya

Penyebab Dan Solusi Baterai HP Dicas Tapi Tidak Mengisi Tapi Malah Berkurang

Penyebab HP Yang DiCharger Tidak Bisa Terisi Penuh

1. Penggunaan HandPhone Yang Berlebihan
Wajar saja jika baterai handpone kamu menjadi error, karena jika kamu menggunakan HP yang terlalu berlebihan hingga memuat hp tersebut sering Nge-Drop (baterai habis sepenuhnya/kosong).

Jika kebiasaan ini terus terjadi maka baterai android kamu akan menjadi bermasalah dan rusak, entah itu mudah habis, susah full saat dicas, baterai cepat panas, baterai tetap berkurang walaupun saat dicas dan masih banyak masalah lainnya.

2. Menggunakan Charger Sembarangan
Mungkin kamu sering menggunakan charger kw alias kualitas palsu, padahal hal ini bisa berakibat buruk pada ponselmu, karena menggunakan charger yang tidak sesuai dengan merek dan tipe ponsel tersebut maka arus listrik yang masuk pada ponsel saat dicas akan menjadi tidak stabil dan dapat merusak komponen hardware lainnya.

3. Sering MenCharger HP Dari Sumber Yang Tidak Semestinya
Hal ini biasanya dilakukan oleh orang kantoran dan juga pelajar, ya mereka seringkali mengisi daya baterai mereka melalui laptop, komputer dan powerbank, padahal sumber daya listrik yang tersalurkan dari perangkat tersebut tidak bisa memberikan daya yang maksimal.

Contohnya saja input listrik yang dibutuhkan ponselmu saat mengecas adalah 1,2 Ampere sedangkan output yang dikeluarkan dari Power Bank atau Komputer hanya sebesar 0,5 Ampere jadi bisa dipastikan hal inilah membuat bateraimu sulit penuh saat dicas walaupun dalam jangka waktu lama.

4. Kondisi Baterai Rusak
Selanjutnya adalah kemungkinan besar baterai androidmu memang sudah rusak, dan itu biasanya terjadi karena penggunaan yang berlebihan sehingga sering drop, atau sering menggunakan smartphone sambil dicharger.

5. Komponen Port USB HP/Charger Rusak
Kemungkinan terakhir yang terjadi adalah bahwa port usb pada perangkat smartphone dan charger beserta kabel data tersebut telah rusak.

Port USB yang rusak biasanya diakibatkan karena terlalu lama mengisi baterai sehingga kuningan pada komponen IC HP atau kepala charger tersebut meleleh, kuningan bengkok karena terlalu sering pasang copot kabel data.

Kabel Data rusak juga bisa terjadi lantaran kalian sering menyimpannya dengan salah, seperti menggulungnya menjadi kecil terlalu lama.

Solusi Mengatasi Baterai HP Yang DiCharger Tidak Dapat Terisi Penuh

1. Biasakan Mengecas HP Dalam Keadaan Mati
Lakukanlah kebiasaan waktu mengecas hp kamu dalam keadaan mati, dengan begitu usia baterai ponsel kamu akan lebih awet dan bisa bertahan lama.

2. Gunakan Charger Yang Orisinil Dan Cas Langsung Dari Daya Listrik
Gunakan juga charger dan kabel data yang orisinil dari merk dan tipe HP tersebut, dan usahakan juga mengecas langsung dari daya listrik stop kontak, dengan demikian maka aliran listrik yang masuk kedalam smartphonemu akan tetap stabil.

3. Kebiasaan Buruk Saat Mengecas
Jangan lakukan kebiasaan buruk saat kalian mengecas HP, seperti membiarkan charger tetap terpasang di stop kontak padahal sedang tidak digunakan, mengecas sambil melipat kabel, terlalu lama mengecas HP.

Kebiasaan kebiasaan seperti harus dihilangkan karena akan membuat umur baterai hp kamu menjadi singkat dan charger akan mudah rusak.

4. Periksa Dan Ganti Baterai
Langkah selanjutnya adalah kalian bisa memeriksa kondisi baterai kamu menggunakan aplikasi Ampere, kemudian kamu cas HP kamu dan cek statistiknya di aplikasi tersebut, apakah arus listrik tersebut sesuai dengan informasi yang ada di charger.

Jika baterai kamu sering drop dan boros, maka sebaiknya ganti baterai, baik itu baterai tanam maupun removable.

5. Bawa Ke Service Center
Cara terakhir yaitu kalian harus membawanya ke service center untuk memperbaiki hp kamu. Di sana kamu akan mengetahui penyebab pasti masalah yang sedang kamu alami, seperti Port USB yang bengkok dan rusak, atau mengganti baterai tanam dengan baterai yang baru dan juga kamu akan mendapatkan semua solusinya.

Baca juga :

Demikian penjelasan mengenai Penyebab Baterai HP Dicas Tapi Tidak Mengisi Tapi Malah Berkurang Dan Solusi Untuk Memperbaikinya. Jika kalian pernah mengalami hal di atas dan memiliki solusi yang lebih baik, kamu juga bisa membagikannya melalui kolom komentar di bawah.
Promo Menarik
Thumbnail
Diskon Barang Elektronik Di Lazada Hingga 80%
Cek disini
Thumbnail
Promo Cuci Gudang, Diskon Sampai 50%
Cek disini
Thumbnail
Murah Pol - Barang Murah Berkualitas Mewah
Cek disini
Thumbnail
Tampil Cantik Gak Perlu Mahal - Diskon 50%
Cek disini
Thumbnail
Kumpulan Barang Untuk Kesehatan - Diskon 50%
Cek disini

Comments

Lazada