Lazada

Inilah Bahaya Jika Menggunakan HP Untuk Tethering Hotspot Di Laptop

1 Comment August 22, 2019
Inilah Bahaya Jika Menggunakan HP Untuk Tethering Hotspot Di Laptop. Pastinya beberapa orang di antara kalian semua sudah pernah mencoba atau menggunakan HPnya sebagai Modem melalui fitur Tethering via kabel USB maupun melalui nirkabel alias Hotspot untuk membagikan koneksi internet ke perangkat lain.

Saya sendiri juga sering menggunakan fitur tersebut untuk melakukan aktifitas kesukaan saya yaitu menulis di blog sehari hari. Namun tahukah kamu jika hal ini seringkali dilakukan maka ada berbagai macam dampak negatif yang berbahaya bagi kondisi smartphonemu dalam jangka waktu cepat atau lambat.

Berbagai Macam Bahaya Jika Menggunakan HP Untuk Wifi Hotspot Dan Sebagai Modem Di Laptop + Solusi Masalah


Beberapa Bahaya Menggunakan HP Sebagai Wifi Hotspot

Beberapa Bahaya Menggunakan HP Sebagai Wifi Hotspot
Berbagi internet melalui hotspot
1. Suhu HP Menjadi Cepat Panas
Hal yang pertama terjadi saat menggunakan smartphone sebagai wifi adalah hp tersebut akan cepat naik dan panas sehingga membuat hp mengalami OverHeat.

Selain itu jika smartphone kamu mengalami OverHeat maka beberapa kejadian aneh akan muncul di smartphone kamu, bisa itu sering terjadinya restart sendiri, sering blank, komponen yang ada di dalamnya rusak dan lainnya

2. Baterai HP Cepat Rusak
Kemungkinan besar yang selanjutnya adalah baterai HP cepat rusak, ini disebabkan karena untuk menggunakan fitur hotspot sendiri membutuhkan banyak sekali daya baterai sehingga membuat baterai HP kamu cepat boros dan sering ngedrop.

3. Boros Kuota
Selain itu kalau kalian menggunakan HP sebagai wifi maka kuota atau paket data internet kamu akan cepat terkuras, karena pemrosesan data di laptop itu berbeda dengan HP, karena jika internetan menggunakan laptop maka request data yang diminta lebih banyak dan juga menampilkan resolusi yang lebih besar.

Beberapa Bahaya Menggunakan HP Sebagai Modem

Beberapa Bahaya Menggunakan HP Sebagai Modem
Tethering melalui kabel data USB
Jika hotspot wifi dilakukan tanpa kabel, maka tethering USB harus dilakukan menggunakan kabel data USB layaknya seperti modem. Dan hal ini juga dikatakan hal yang bahaya ketimbang menggunakan Hotspot Wifi.

1. Suhu HP Menjadi Cepat Panas
Alasannya sama seperti penggunaan hotspot.

2. Baterai HP Cepat Rusak
Alasannya sama seperti penggunaan hotspot, namun ini lebih parah. Sebab dengan cara ini kita harus menghubungkan kabel USB ke laptop, dan secara otomatis hal itu akan membuat daya baterai hp kamu terisi.

Selain itu juga mencharger ponsel dan digunakan saat bersamaan maka hal itu akan berakibat buruk, apalagi menchargernya dari tegangan listrik yang tidak stabil seperti melalui laptop.

3. Boros Kuota
Alasannya sama seperti penggunaan hotspot.

4. Android Error
Jika kalian terlalu sering menggunakan hp sebagai Modem maka android kamu bisa error seperti kejadian yang pernah saya alami kemarin, yaitu baterai tidak bisa terisi saat dilakukan pengisian daya.

5. Port USB Cepat Rusak
Baik port USB kabel data maupun hp akan cepat mengalami kerusakan karena panas yang ditimbulkan oleh daya listrik yang terus mengalir tanpa henti.

Untuk solusinya kalian hanya perlu mengubungkan HP kamu ke laptop, kemudian nyalakan "Tethering USB" lalu tunggu beberapa saat kemudian matikan fitur tersebut dan pilih opsi "Gunakan sebagai media penyimpanan data (TMP)" setelah tunggu dan ganti lagi ke opsi "Hanya mengisi daya".

Solusi Terbaik

1. Lebih baik menggunakan fitur wifi hotspot daripada tethering via USB

2. Kalau kamu ingin menggunakan fitur ini maka usahakan untuk tidak melakukannya dalam waktu yang lama, normalnya hingga 1 jam pemakaian saja

3. Gunakan di saat saat penting, jika memang sedang darurat kalian bisa menggunakannya untuk menghubungkan laptopmu ke internet, namun jangan terlalu sering melakukannya.

4. Gunakan fasilitas wifi yang tersedia, namun jika perlu Modem sendiri saja jika memang membutuhkan koneksi internet untuk kebutuhan sehari hari.

Baca juga :
5 Penyebab Dan Solusi Baterai HP Dicas Tapi Tidak Mengisi Namun Malah Berkurang
8 Cara Memperbaiki SIM Card Error Dan Tidak Terdeteksi Di Android
Penyebab Dan 7 Cara Mengatasi WiFi Android Tidak Bisa Menyala

Itulah pembahasan singkat tentang Berbagai Macam Bahaya Jika Menggunakan HP Untuk Wifi Hotspot Dan Sebagai Modem Di Laptop yang dapat saya bagikan kepada kalian semua, dengan adanya artikel semoga bisa kalian jadikan sebagai pembelajaran.
Promo Menarik
Thumbnail
Diskon Barang Elektronik Di Lazada Hingga 80%
Cek disini
Thumbnail
Promo Cuci Gudang, Diskon Sampai 50%
Cek disini
Thumbnail
Murah Pol - Barang Murah Berkualitas Mewah
Cek disini
Thumbnail
Tampil Cantik Gak Perlu Mahal - Diskon 50%
Cek disini
Thumbnail
Kumpulan Barang Untuk Kesehatan - Diskon 50%
Cek disini

1 comment:

Komentar spam tidak akan di tampilkan !
Maka nikmat Tuhanmu yang manakah yang kamu dustakan?
Kembalilah ke jalan yang benar sebelum Allah sendiri yang memberikan peringatan kepadamu

Lazada