Lazada

4 Cara Ampuh Mencegah Dan Solusi Mengatasi Blog Dari Plagiat Konten

No Comment December 02, 2019
Cara Ampuh Mencegah Dan Solusi Mengatasi Blog Dari Plagiat Konten. Dalam dunia blogging tentu saja kita pasti akan menjumpai yang namanya peniru konten blog alias plagiat. Nah plagiat ini ada beberapa jenis, ada yang baik dan ada juga yang buruk alias pecundang (kebacut), dan untuk lebih jelasnya silahkan kalian simak baik baik.

Sebelum itu saya akan membuat pernyataan terlebih dahulu. Mungkin jika ada pelaku kopas yang membaca postingan maka dia akan geram terhadap tulisan ini dan akan merusak blog saya melalui Jingling dan semacamnya, atau bahkan blogku di AGC lagi.

Tapi saya tidak peduli akan hal itu lantaran tujuan utama saya membuat postingan ini adalah agar kita dapat membangun blog yang sehat dan bersaing dengan positif sehingga budaya buruk di negeri tidak merajalela dan dapat tergantikan oleh sinar kebaikan. "Sungguh mulia niatmu ini wahai anak muda" ~ (Cikgu Papa Zola).

Perbedaan Blog Copas Dan AGC

Cara Mencegah Dan Mengatasi Blog Dari Copaser Dan AGC

Blog Copy Paste (Copas)

Jenis blog yang satu ini adalah konten yang mereka dapatkan dari hasil plagiat miliki blog orang lain, sehingga mereka hanya menyalin semua isi artikel dan hanya melakukan perubahan sedikit pada konten tersebut.

Selain itu blog copas yang paling menjengkelkan ialah blog yang tidak menyertakan sumber aslinya yang berupa link atau url yang telah dijadikan sebagai bahan rujukan. Bahkan tak jarang pula artikel yang mereka copas tidak diedit sama sekali sehingga disalin mentah mentah begitu saja.

Blog Auto Generate Content (AGC)

Sedikit berbeda dari blog yang sebelumnya, AGC merupakan singkatan dari Auto Generate Content yang bisa diartikan sebagai alat untuk membuat konten secara otomatis.

Blog AGC akan mengcopas semua isi artikel yang ada di dalam blog kalian secara utuh dalam waktu yang singkat, sehingga mereka hanya perlu mengupload script yang berisi feed artikel blog kita lalu hanya menambahkan kalimat pembuka dan penutup dalam blognya.

Ini merupakan sebuah teknik haram yang sering dipakai oleh para blogger pecundang (kebacut) yang tidak pernah merasakan kesuksesan di dunia blogging sehingga mereka melakukan teknik terlarang tersebut.

Pengaruh Terhadap Blog Kita Sebagai Korban Copaser Dan AGC

  • Jika blog kita telah menjadi korban dari para pelaku tukang kopas maka blog kita akan menerima imbas yang sangat buruk.
  • Terjadinya duplikat konten blog sehingga akan dianggap spam oleh mesin pencari (Google, Yahoo, Bing, Yandex, dll).
  • Menurunkan pengunjung blog akibat domain kita yang telah pakai kalah bersaing pada nilai DA dan PA yang dapat menentukan posisi hasil pencarian.
  • Menurunkan nilai kulitas blog pada mesin pencari, seperti DA, PA, Moz Trust dan Alexa rank.
  • Pendapatan dari iklan akan menurun seiring menurunnya trafik blog.

Kesimpulan
Dari penjelesan di atas kita dapat mempelajari suatu hal yaitu bahwa kerja keras kita selama ini dalam membangun blog dari nol yang diawali dengan tekad bulat, riset keyword dan optimasi blog sana sini semuanya kini terasa sia sia akibat kelakuan terkutuk tersebut.

Bahkan ada beberapa orang yang saya jumpai di di sebuah forum, mereka dengan Pedenya menjual blog hasil AGC dan mematok harga tinggi. Dalam hati gue berkata "Eh, ini orang apa setan ya kok jualan barang orang lain tanpa izin dari pemiliknya".

Tips Mencegah Blog Kita Agar Terhindar Dari Serangan AGC

Jika kalian pernah menjadi korban AGC hingga saat ini dan kamu merasa resah maka kamu harus melakukan teknik berikut ini agar terhindar dari serangan pada kang agece.

1. Mencantumkan Nama Blog Dalam Artikel

Teknik pertama yang dapat kalian coba ialah dengan mencantumkan nama blog kalian sendiri kedalam artikel blog kalian sehingga konten artikel tersebut telah menjadi ciri khas dari blogmu.

Contohnya ialah kalian dapat menggunakan nama blog ataupun sapaan untuk pengunjungmu, seperti halo berjumpa lagi di Zona Internetku, atau bisa juga dengan halo sobat Zonetku bagaimana kabarmu, dan masih banyak lagi kalimat unik yang dapat kalian pakai sebagai ciri khas.

2. Menambahkan Link Internal

Selanjutnya adalah dengan memasang link internal pada setiap postingan, sehingga nantinya kita akan mengetahui blog yang telah meng-generate artikel kita melalui backlink yang menuju ke blog kita. Sebab memasang Internal Link secara manual di blog akan menyatu dengan konten artikel kita dan ikut terkena AGC.

3. Menggunakan Watermark Pada Gambar

Menggunakan Watermark alias nama logo blog kita dalam setiap gambar dan foto yang kita posting di artikel adalah cara jitu untuk menghindari AGC, karena mereka biasanya hanya akan mencari mangsa pada blog yang tidak diberi watermark dan hak cipta undang undang. Jika mereka sudah mengetahui bahwa konten blog kita telah diamankan maka sebagian besar dari mereka akan mengurungkan niatnya.

4. Membatasi Jumlah Feed Blog

Fungsi dari Feed atau Umpan pada sebuah blog merupakan halaman khusus yang dibuat untuk pembaca setia blog tersebut agar dapat melihat semua isi artikel dari yang lama hingga terupdate.

Namun sayangnya fitur ini seringkali disalahgunakan oleh para orang yang tidak bertanggungjawab seperti Copaser untuk meng-generate semua feed blog kita. Untuk mengatasi masalah tersebut kita harus mengatur jumlah feed untuk dibatasi agar blog susah untuk di AGC.
Silahkan pergi menuju ke menu "Setelan > Lainnya > Feed Situs" lalu pilih opsi "Singkat".

Jika kalian ingin lebih aman lagi dan terlihat rapi halaman feed blogmu maka kamu harus mendaftarkan blogmu ke Google Feedburner yang tutorialnya sudah saya buat dalam artikel Cara Mendaftarkan Blog Ke Google Feedburner.

Solusi Mengatasi Blog Pelaku Copaser Dan AGC

Apabila kamu telah menjadi korban dari para AGC dan Copaser yang sangat merugikan sekali bagi blogmu maka kamu harus melakukan hal berikut ini untuk melakukan sepak terjang berikut ini sebagai serangan balik. Dengan begini mereka semoga saja bisa belajar untuk mencari jalan *ninja* negblog yang benar.

1. Melaporkan Ke DMCA

Ini bisa dibilang sebagai cara yang paling ampuh dalam memberantas blog AGC, yaitu dengan melaporkan blog AGC tersebut kepada DMCA yang telah menjadi pelindung bagi konten yang ber-hak cipta sehingga blog mereka akan takedown atau smackdown biar mampos sehingga blognya tidak bisa muncul lagi di SERP dan dibanned Adsense karena melanggar pedoman komunitas Google.

2. Melaporkan Kepada Pemilik Blog Lainnya

Jika cara pertama masih belum menimbulkan efek yang kurang greget maka kita dapat mencari daftar korban blog AGC tersebut dan menghubunginya untu diajak kerja sama dalam melakukan report secara massal. Dengan begitu blog agece tersebut pasti dapat dibumihanguskan dari peradaban blogger.

3. Jangan Membeli Blog Hasil AGC

Jika kita menjumpai orang yang jualan blog kalian harus mengeceknya terlebih dahulu, apakah hasil karya sendiri atau hasil colongan dari AGC. Jika blog tersebut dari hasil AGC lebih baik kalian meng-urungkan niatmu karena blog hasil AGC itu tidak barokah karena hasil dari mencuri karya orang lain (ilegal), selain itu dari segi SEO blog AGC lebih rendah karena sebagian besar kontennya akan dianggap spam sehingga tidak memiliki kualitas.
Baca juga:

Itulah beberapa tips yang dapat kalian lakukan untuk menghindari terjadinya AGC dan copaser dari para plagiat konten. Semoga dengan semakin ketatnya kualitas keamanan konten blog kita maka hal itu bisa membuat para plagiat menjadi sadar untuk tidak bermain curang lagi. "Mugo-mugo nang cepet tobat yo tole".
Promo Menarik
Thumbnail
Diskon Barang Elektronik Di Lazada Hingga 80%
Cek disini
Thumbnail
Promo Cuci Gudang, Diskon Sampai 50%
Cek disini
Thumbnail
Murah Pol - Barang Murah Berkualitas Mewah
Cek disini
Thumbnail
Tampil Cantik Gak Perlu Mahal - Diskon 50%
Cek disini
Thumbnail
Kumpulan Barang Untuk Kesehatan - Diskon 50%
Cek disini

Comments

Lazada