Lazada

Pengertian Apa Itu SEO Beserta Jenis Dan Manfaatnya Bagi Website

1 Comment December 05, 2019
Pengertian Apa Itu SEO Beserta Jenis Dan Manfaatnya Bagi Website. Mungkin sebagian besar para blogger masih belum mengenal apa itu seo dan juga manfaatnya bagi blog mereka. Jika belum, maka kalian wajib belajar untuk memahaminya, sebab teknik inilah yang dapat membantumu untuk mengembangkan website agar bisa berkembang maju.

Untuk penerapannya, SEO akan terus berkembang dan berubah-ubah seiring dengan perubahan cara kerja Search Engine. Jadi mengerjakan teknik SEO bisa dikatakan tidak akan ada habisnya karena akan selalu update setiap saat.

Namun ada beberapa hal yang pasti tidak akan berubah walaupun mesin pencarian mengalami pembaruan terus menerus, yaitu pemahaman dasar mengenai konsep SEO yang akan saya jelaskan di bawah ini.

Memahami Tentang Konsep Atau Strategi Penggunaan SEO

Pengertian Apa Itu SEO Beserta Jenis Dan Manfaatnya Bagi Website
Trafik website dari penerapan SEO | Pixabay PhotoMIX-Company

1. Arti SEO

SEO merupakan sebuah singkatan dari Search Engine Optimization yang artinya ialah sebuah teknik yang berupaya untuk menempatkan posisi website kita berada di halaman mesin pencari dengan peringkat teratas. Beberapa contoh mesin pencari yang sangat populer yang sering dipakai untuk searching adalah Google, Yahoo, Bing, DuckDuckGo dan Yandex.

Dengan menerapkan teknik SEO ini maka kita bisa mendapatkan jumlah trafik yang begitu besar serta mampu mendatangkan visitor yang lebih tertarget dan sangat berpotensial. Sehingga teknik SEO juga bisa sering dipakai untuk perusahaan untuk menjalankan bisnisnya guna menargetkan produk website agar bisa memperluas pemasaran.

2. Jenis-Jenis SEO

Ada 2 jenis teknik SEO yang dapat kita terapkan untuk website kita dalam mendongkrak trafik website. Yakni menggunakan SEO On Page ataupun SEO Off Page, apabila kedua metode ini dikombinasikan dengan semaksimal mungkin maka kita akan mendapatkan hasil yang lebih optimal.

2.1. SEO On Page
Teknik SEO On Page merupakan sebuah tindakan untuk mengoptimasi website melalui konten website itu sendiri agar bisa mendapatkan ranking di mesin pencari.

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi nilai seo pada teknik yang satu ini, yaitu penggunaan keyword pada Judul artikel, permalink, kustomisasi struktur dan kecepatan website, serta kualitas dari konten website itu sendiri.

2.2. SEO Off Page
Berbeda dengan metode sebelumnya yang melakukan optimasi dari dalam website, teknik selanjutnya yakni SEO Off Page adalah tindakan untuk mengoptimasi website dari luar.

Salah satu contoh yang sangat berpengaruh dalam faktor ini adalah sebuah backlink (inbound link), yang merupakan sebuah url untuk menuju ke website kita. Semakin banyak backlink yang mengarah ke situs kita sebagai bahan rujukan maka hal itu bisa meningkatkan kredibilitas web.

Ada banyak cara untuk mendapatkan backlink, yaitu menggunakan sosial media untuk melakukan promosi, memanfaatkan sosial bookmarking, melakukan guest post ke situs lain yang memiliki nilai DA tinggi.

3. Manfaat Dari Menerapkan SEO

Menggunakan teknik SEO kini menjadi sebuah hal sangat disarankan untuk menunjang website kita, sebab melalui metode inilah banyak sekali keutungan yang akan kita dapatkan untuk website kita.

3.1. Menguasai Mesin Pencarian
Apabila hampir semua halaman situs kita berada di Search Engine dan mendapat posisi pertama, maka kemungkinan besar kita akan menguasai trafik tersebut karena sebagian pengunjung lebih memilih konten yang berada di urutan pertama.

3.2. Mendapatkan Banyak Trafik Organik
Masih berhubungan dengan teori pertama, menggunakan strategi pemasaran melalui teknik SEO maka kita akan mendapatkan keuntungan yang lebih besar dalam menarik para visitor organik untuk mengunjungi situs kita, sebab mereka dapat dengan mudah menemukan situs kita melalui mesin pencari yang mereka gunakan.

3.3. Meningkatkan Brand Awareness Dan Kredibilitas
Jika kita sudah menguasai mesin pencarian di halaman SERP dan juga mendapatkan banyak visitor, maka secara tidak langsung hal itu bisa membuat brand kita akan menjadi populer di kalangan pengguna internet sehingga sudah familiar di ingatan mereka.
Baca juga:

Dari point-point di atas kita dapat menyimpulkan bahwa penggunaan SEO sangatlah penting dalam membangun sebuah website, baik itu untuk website yang sudah berumur maupun yang baru. Sebab persaingan dalam merawat sebuah website itu adalah dipengaruhi oleh kualitas konten yang telah kita optimasi sendiri.
Promo Menarik
Thumbnail
Diskon Barang Elektronik Di Lazada Hingga 80%
Cek disini
Thumbnail
Promo Cuci Gudang, Diskon Sampai 50%
Cek disini
Thumbnail
Murah Pol - Barang Murah Berkualitas Mewah
Cek disini
Thumbnail
Tampil Cantik Gak Perlu Mahal - Diskon 50%
Cek disini
Thumbnail
Kumpulan Barang Untuk Kesehatan - Diskon 50%
Cek disini

1 comment:

Komentar spam tidak akan di tampilkan !
Maka nikmat Tuhanmu yang manakah yang kamu dustakan?
Kembalilah ke jalan yang benar sebelum Allah sendiri yang memberikan peringatan kepadamu

Lazada