Lazada

3 Cara Melacak HP Android Yang Hilang Atau Dicuri Dengan GPS

No Comment October 01, 2019
Cara Mudah Untuk Melacak HP Android Kita Yang Hilang Atau Dicuri Dengan Fitur GPS. Kehilangan sebuah smartphone tentunya membuat kita akan merasa risau dan gelisah, apalagi jika ponsel tersebut terdapat data data penting yang sifatnya pribadi.

Namun kita masih dapat menemukan HP kita yang hilang karena kita lupa telah menyimpannya dimana ataupun telah dicuri, kita bisa menemukaannya dengan cara melacak lokasi HP tersebut atau dengan memberikan tanda darurat khusus untuk memberitahukan lokasi persis ponsel kita.

Untuk mengetahui caranya, silahkan lihat caranya di bawah ini

Cara Melacak Perangkat Smartphone Android Yang Hilang Atau Dicuri


1. Menggunakan Fitur Android Device Manager (ADM)/Temukan Perangkat Saya
1. Langkah pertama yaitu kalian harus memenuhi persyaratan berikut:

  • Perangkat kalian yang hilang harus sudah mengaktifkan fitur Android Device Manager/Temukan Perangkat Saya.
  • Terhubung dengan jaringan internet.
  • mengaktifkan lokasi GPS android.
  • Memiliki akun email yang terhubung ke perangkat HP yang telah hilang.

2. Selanjutnya kalian buka browser kalian melalui HP atau komputer dengan mengunjungi situs https://www.google.com/android/find
3. Setelah itu kalian masuk menggunakan akun google atau gmail yang sama pada smartphone kalian yang hilang
4. Jika semua langkah di atas sudah kalian lakukan, maka kalian hanya perlu menunggu proses pencariannya hingga selesai.
Cara Melacak HP Android Yang Hilang Menggunakan Fitur Android Device Manager (ADM)/Temukan Perangkat Saya
Cara Melacak HP Android Yang Hilang Menggunakan Fitur Temukan Perangkat Saya
Jika proses pencariannya selesai lalu akan muncul lokasi HP kalian (jika GPS dan internetnya aktif) dengan beberapa opsi berikut:

  • Klik ikon Info (i): guna menampilkan informasi HP seperti No. IMEI dan terakhir kali HP tersebut digunakan.
  • Klik ikon HP: untuk menemukan lokasi HP kamu yang hilang menggunakan situs atau aplikasi Google Maps.
  • Putar Suara (Play Sound): untuk memberikan tanda dengan mengeluarkan bunyi alarm darurat, sehingga jika kita sudah sampai di lokasi HP kita maka kita dapat menggunakan fitur ini untuk menemukan lokasi HP kita dengan pasti walaupun HP tersebut dalam mode senyap atau diam.
  • Amankan Perangkat (Secure Device): guna mengamankan perangkat kita dengan menambahkan sebuah kode keamanan dan log out dari akun google kalian. Di opsi ini kalian dapat menambahkan pesan khusus, sehingga si penemu ataupun pencuri tersebut dapat membaca pesan tersebut.
  • Hapus Perangkat (Erase Device): Opsi yang terakhir yakni untuk menghapus semua data smartphone dengan melakukan reset factory atau mengembalikannya ke setelan pabrik, tapi jika kalian memilih cara ini maka smartphone kalian tidak akan dapat dilacak lagi.


Jadi alangkah baiknya jika kita melakukan pencarian lokasi dan memilih opsi Play Sound terlebih dahulu untuk mencari HP kita yang hilang. Namun jika lokasinya tidak dapat ditemukan maka lebih baik memilih opsi yang kedua yaitu mengamankannya dengan opsi Secure Device.

2. Memakai Aplikasi Google Find My Device
Memakai Aplikasi Google Find My Device
Kita juga bisa menggunakan aplikasi yang dikembangkan oleh perusahaan google yang bernama Google Find My Device, untuk cara dan syaratnya juga hampir sama dengan cara yang pertama.
1. Download dan pasang aplikasi Google Find My Device di PlayStore.
2. Buka aplikasi tersebut dan login menggunakan email yang sama dengan yang di HP kamu yang hilang.
3. Selanjutnya secara otomatis lokasi hp kalian akan segera terlacak. Untuk semua fiturnya sangat mirip dengan cara yang pertama seperti di situs https://www.google.com/android/find.

3. Memakai Aplikasi Pihak Ketiga
Ada banyak sekali aplikasi yang bisa kalian manfaatkan untuk mencari HandPone kalian yang hilang dengan cara memakai aplikasi pihak ketiga yaitu dengan aplikasi berikut.

Family Locator
Family Locator bisa kalian pakai untuk melakukan tracking lokasi pada HP android kalian yang hilang karena dicuri, karena aplikasi ini telah dibekali dengan teknologi GPS sehingga kalian bisa melihat lokasi HP kalian secara real time.

Hidden Eye
Hidden tidak dapat digunakan untuk melacak keberadaan lokasi HP kita, namun kita dapat menggunakan aplikasi ini untuk mengambil foto atau memotret wajah pelaku pencuri HP kita dengan melakukan sinkronisasi ke Memori dan akun DropBox.
Dengan begini kalian dapat melakukan kombinasi melacak lokasi HP dengan memakai aplikasi Google Find My Device dan Family Locator, kemudian kalian lacak wajah pelaku menggunakan aplikasi Hidden Eye.

Baca juga :

Demikian informasi dan tips seputar Cara Melacak HP Android Yang Hilang Atau Dicuri yang dapat saya sampaikan kepada kalian semua, semua ini dapat berguna dan bisa kalian gunakan dengan baik.
Promo Menarik
Thumbnail
Diskon Barang Elektronik Di Lazada Hingga 80%
Cek disini
Thumbnail
Promo Cuci Gudang, Diskon Sampai 50%
Cek disini
Thumbnail
Murah Pol - Barang Murah Berkualitas Mewah
Cek disini
Thumbnail
Tampil Cantik Gak Perlu Mahal - Diskon 50%
Cek disini
Thumbnail
Kumpulan Barang Untuk Kesehatan - Diskon 50%
Cek disini

Comments

Lazada