Lazada

7 Cara Mempercepat Koneksi Internet Laptop Dan Komputer Yang Ampuh

No Comment September 19, 2019
Cara Mempercepat Koneksi Internet Laptop Dan Komputer Yang Ampuh. Internet memiliki kepanjangan yaitu Interconnetion Networking, yang merupakan sebuah jaringan perangkat keras komputer untuk saling terhubung satu sama lain.

Bahkan pengguna internet di seluruh dunia kini telah mencapai milyaran pengguna, saking bermanfaatnya dan sangat membantu dalam melakukan aktifitas tertentu kini internet telah menjadi kebutuhan sehari sehari oleh sebagian orang.

Untuk mengakses internet kita dapat terhubung melalui jaringan sinyal Wireless Fidelity (Wi-Fi) ataupun Local Area Network (LAN). Namun untuk kecepatan internet dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti penggunaan Internet Service Provider (ISP), lokasi jaringan, perangkat yang digunakan dan faktor lainnya.

Jika kalian mengalami masalah dalam mengenai kecepatan jaringan untuk mengakses internet maka kalian dapat mengikuti tips dan trik berikut guna meningkatkan dan menstabilkan kecepatan jaringan internet kita.

Tips Untuk Menambah Kecepatan Jaringan Internet Untuk PC

Cara Mempercepat Koneksi Internet Laptop Dan Komputer Yang Ampuh

1. Buat Pemetaan Sinyal Jaringan Wi-Fi

Langkah pertama yang bisa kalian coba untuk mempercepat koneksi internet kalian adalah dengan membuat pemetaan sinyal jaringan Wifi kalian. Dengan begini kalian dapat mengetahui lokasi lokasi strategis yang dapat menangkap banyak sinyal untuk menempatkan perangkat wifi dan komputermu di lokasi tersebut.

Hal ini dikarenakan biasanya benda benda yang dapat memancarkan sinyal lain seperti TV, Sound System & AC Bluetooth dan juga benda penghalang seperti tembok atau dinding dapat menghalangi kelancaran jaringan internet.

1.1. Menggunakan CMD
Kalian dapat menggunakan CMD untuk mengecek sinyal jaringan di lokasi tersebut dengan melakukan ping jaringan internet ke server google.
1. Silahkan kalian klik "Start > All Programs > Accessories > Command Prompt"
2. Lalu kalian ketik ping google.com -t
3. Setelah muncul informasi mengenai kecepatan internetmu, maka silahkan kamu mencari tempat strategis yang dapat menangkap banyak sinyal
Cara Mempercepat Koneksi Internet Menggunakan CMD

1.2. Menggunakan Windows Task Manager
Selain menggunakan CMD atau Command Prompt, kalian juga bisa menggunakan tool bawaan windows yang bernama Task Manager, dengan ini kalian dapat mengetahui kecepatan jaringan Wifi yang sedang digunakan oleh laptop dan komputer kita.

Jadi kalian harus menggunakannya untuk berinternet atau mendownload file untuk mengetahui kecepatan jaringan melalui Task Manager.
1. Tekan tombol kombinasi Ctrl + Shift + Esc
2. Kemudian Windows Task Manager telah muncul, kemudian pilih menu Networking
Cara Mempercepat Koneksi Internet Menggunakan Task Manager
3. Selanjutnya kalian cari lokasi strategis yang banyak sinyal sambil memantau data statistik tersebut, semakin tinggi kecepatan internet yang diterima maka lokasi tersebut semakin bagus.

2. Mengubah DNS Server

Domain Name Server (DNS) memiliki fungsi untuk mengidentifikasi komputer sebagai titik dalam suatu jaringan yang terhubung, kita juga dapat memanfaatkan DNS untuk mempercepat jaringan internet.

1. Silahkan kalian klik "Start Button" dan pilih "Control Panel"
2. Setelah itu masuk ke "Control Panel > All Control Panel Items > Network and Sharing Center"
3. Kemudian kalian klik "Wireless Conection Network" jika menggunakan Wifi dan klik "Local Area Network" jika menggunakan jaringan LAN
Cara Mempercepat Koneksi Internet Melalui DNS Server
4. Lalu kalian pilih "Properties" dan double click di "Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4)"
5. Selanjutnya pilih opsi "Use The Following DNS Server Addresses" dan dengan angka Open DNS berikut ini
Cara Mempercepat Koneksi Internet Melalui DNS Server 2
Preferred DNS Server: 208.67.222.222
Alternate DNS Server: 208.67.220.220
atau bisa juga menggunakan DNS milik Google
Preferred DNS Server: 8.8.8.8
Alternate DNS Server: 8.8.4.4

3. Atur Bandwith PC

Bagi para pengguna Windows 8 dan keatas seperti Windows 10 mungkin kalian perlu melakukan sedikit optimasi pada perangkat PC terssebut.

Hal ini dikarenakan windows mengalokasikan jaringan internet sebesar 20% untuk digunakan oleh Windows Update, jadi kalian hanya menggunakan 80% jaringan dari internet yang kalian terima.

Maka dari itu kalian bisa mengikuti optimasi berikut ini untuk internet kalian lebih optimal
1. Silahkan masuk ke Windows Run dengan cara klik "Start > All Programs > Accessories > Run" atau menggunakan shortcut Windows + R
2. Kemudian ketik gpedit.msc pada kolom tersebut dan tekan tombol Enter atau klik Ok
3. Lalu kalian masuk ke "Computer Configuration > Administrative Templates > Network > Qos Packet Scheduler"
4. Setelah itu kalian lakukan double click pada file "Limit Reservable Bandwidth"
5. Selanjutnya kalian pilih menu "Enable" dan ubah "Bandwidth Limit" menjadi 0% lalu klik "Apply" dan "Ok"

4. Pasang Adblock Pada Browser

Bila perlu pasang Adblock di Chrome, Mozilla, Opera Mini dan browser lainnya untuk menghapus dan memblokir semua iklan yang ada di internet.

Dengan begini kalian dapat berinternet dengan lebih ringan karena iklan yang dapat memperlambat kinerja komputer dan jaringan dengan melakukan request data yang begitu banyak akan diblokir secara langsung oleh Adblock.

5. Gunakan Alat Wireless Repeater Untuk Memperkuat Sinyal

Tips lain yang bisa kalian terapkan adalah dengan menggunakan alat tambahan seperti Wireless Repeater, alat ini berfungsi untuk menangkap sinyal Wifi dari Router lalu akan diperkuat dan diteruskan dengan memancarkan sinyal ke setiap pengguna jaringan tersebut.

Penggunaan Wireless Repeater biasanya akan lebih efektif diletakkan di tempat yang tinggi agar dapat menyebarkan jaringan secara meluas jika memang dipakai oleh banyak pengguna.

6. Memilih Provider Yang Tepat

Apabila kalian sudah mengikuti panduan di atas namun masih belum merasakan perubahannya, maka bisa jadi yang bermasalah adalah internet service provider (ISP) atau penyedia layanan jaringan internet yang kalian pakai kurang bagus atau kurang tepat, karena jauh dari sumber sinyal seperti letak kalian berada di tempat terpencil dan provider tersebut belum menyediakan tower pemancar sinyal untuk memperluas jangkauan jaringannya.

7. Pastikan Performa PC Dalam Keadaan Optimal

Selain jaringan internet, performa komputer juga dapat mempengaruhi kecepatan proses jaringan internet. Maka dari itu pastikan PC kalian dalam performa yang stabil dan optimal sehingga tidak menghambat saat berjelajah di internet.

Kalian dapat mengoptimalkan performa laptop dan komputer dengan menghapus file cache, mematikan aplikasi yang sedang berjalan terutama aplikasi yang membutuhkan koneksi internet, mengupdate browser dan lainnya.

Baca juga :


Itulah beberapa tips ampuh dan mudah sekali untuk Cara Mempercepat Koneksi Internet Laptop Dan Komputer, silahkan kalian coba sendiri dan rasakan efeknya.
Jika kalian memiliki tips lainnya, kalian dapat membagikannya melalui kolom komentar dibawah artikel ini.
Promo Menarik
Thumbnail
Diskon Barang Elektronik Di Lazada Hingga 80%
Cek disini
Thumbnail
Promo Cuci Gudang, Diskon Sampai 50%
Cek disini
Thumbnail
Murah Pol - Barang Murah Berkualitas Mewah
Cek disini
Thumbnail
Tampil Cantik Gak Perlu Mahal - Diskon 50%
Cek disini
Thumbnail
Kumpulan Barang Untuk Kesehatan - Diskon 50%
Cek disini

Comments

Lazada