Lazada

10 Cara Mempercepat Koneksi Internet HP Android Tanpa Root

No Comment September 20, 2019
Cara Mempercepat Koneksi Internet HP Android Tanpa Root
Cara Mempercepat Koneksi Internet HP Android Tanpa Root. Saat ini internet telah menjadi bagian dari kebutuhan sehari hari untuk sebagian besar manusia, karena semua aktifitas dapat dilakukan dengan lebih mudah melalui internet, mulai dari untuk berkomunikasi, bertransaksi, mencari informasi dan masih banyak lagi.

Dan penyumbang pengguna internet yang paling banyak saat ini adalah pengguna yang berasal dari perangkat mobile yakni sebuah Smartphone, pengguna internet via smartphone lebih banyak penggunanya dibandingkan dengan Tablet dan PC yang hanya sekitar 25% dari pengguna HP.

Kadang kala kita juga juga sering mengalami hal yang sangat menjengkelkan saat menggunakan internet melalui HP seperti sering terjadi ngelag atau lemot, koneksi internet yang lamban, dan kejadian lainnya.

Apabila kalian sering mengalami koneksi internet jaringan yang lemot maka kalian bisa menerapkan cara berikut untuk mengatasinya, kalian dapat mencobanya di berbagai merek smartphone seperti Samsung, Xiaomi, Vivo, Asus dan yang lainnya, kamu juga bisa mencobanya meskipun kamu menggunakan berbagai jenis layanan operator seperti Axis & XL, 3 (Three), Telkomsel, Indosat dan lainnya baik itu jaringan 2G, 3G maupun 4G LTE.

Selain itu cara cara berikut ini juga dapat diterapkan tanpa harus menggunakan aplikasi pihak ketiga dan juga tanpa harus melakukan metode root pada perangkat smartphone.

Cara Mempercepat Koneksi Jaringan Internet Pada Smartphone Android


1. Nonaktifkan Aplikasi Berjalan

Cara pertama yang dapat kalian lakukan untuk membuat jaringan internetmu tidak lemot adalah dengan mematikan atau memberhentikan aplikasi yang sedang berjalan, terutama aplikasi yang membutuhkan konsumsi jaringan internet.

Metode ini tidak hanya untuk mengurangi pemakaian internet saja, tapi juga dapat membuat kinerja smartphone tetap lancar dan stabil sehingga tidak terjadi ngelag saat menjalankan sebuah aplikasi maupun untuk berinternet.

2. Cari Lokasi Yang Banyak Sinyal

Cara ini terbilang sangat ampuh, karena setiap lokasi juga dapat mempengaruhi sinyal atau jaringan. Contohnya saja daerah pegunungan atau hutan, daerah ini jarang sekali memberikan sinyal yang kuat karena belum jarang sekali tower pemancar sinyal yang dapat dijumpai di sana.

Selain itu, lebih baik berinternet di tempat yang terbuka. Jika kalian menggunakan internet di tempat tertutup seperti di kamar yang memiliki banyak sekali dinding penghalang lainnya maka tentu saja hal ini dapat mengganggu lalu lintas sinyal.

3. Cek Safe Mode Pada Handphone

Selain daripada itu juga cek Mode Penghemat Daya Baterai dan Kuota Internet pada smartphone kalian, hal ini juga dapat berpengaruh besar pada beberapa jenis smartphone.

Jika mode ini diaktifkan mungkin beberapa kinerja android akan mengalami perubahan. Contohnya mode hemat daya maka akan menghambat kinerja pada beberapa aplikasi yang sedang berjalan terutama aplikasi yang membutuhkan internet, selanjutnya mode hemat kuota dapat membatasi kecepatan jaringan yang akan digunakan pada HP tersebut.

4. Menggunakan Aplikasi Internet Booster & Optimizer

Aplikasi ini mampu melakukan serangkaian perintah dan optimasi yang akan menempatkan browser di atas prioritas pada Sistem Android kamu dan memastikan kamu mendapatkan hasil maksimal dari kecepatan internet ISP dan sumber daya perangkat untuk pengalaman browsing yang lebih mulus bagi jaringan 2G, 3G maupun 4G LTE.

Aplikasi Internet Booster & Optimizer dapat berjalan di perangkat android yang belum diroot, namun jika android kalian sudah diroot maka aplikasi akan berjalan lebih optimal.

5. Menggunakan Ad Blocker

Menggunakan Ab Blocker merupakan sebuah cara alternatif yang dapat kalian lakukan guna mempercepat jaringan internet saat browsing, dengan demikian proses permintaan data akan menjadi sedikit dan juga menghilangkan iklan animasi atau bergerak yang dapat membuat lemot pada smartphone tersebut.

Baca juga: 10 Aplikasi Browser Terbaik, Tercepat Dan Tanpa Iklan Di Android

6. Memakai VPN

Ini juga cara merupakan salah satu cara alternatif yang bisa dilakukan jika kalian ingin mengakses situs yang memiliki server luar negeri.

Kenapa demikian? karena server dan jaringan yang kalian gunakan juga dapat mempengaruhi kecepatan akses data internet, jadi pastikan kalian menggunakan server jaringan yang tepat.

Baca juga: Inilah 7 Aplikasi VPN Android Untuk Berinternet Secara Anonim

7. Nonaktifkan Tethering Hotspot

Jika kalian mengalami kendala lemot atau lag saat bermain game online maupun saat browsing di HP mungkin hal itu disebabkan oleh kalian yang telah membagi jaringan internet kamu dengan orang lain.

Jadi kecepatan internet kamu akan terbagi rata dengan perangkat yang sudah terhubung dengan jaringan hotspot kamu.

8. Pastikan Performa HP Bekerja Optimal

Ternyata selain kecepatan internet, performa pada Handphone kalian juga dapat mempengaruhi koneksi internet. Jika smartphone kalian memiliki performa yang lelet dan lamban maka proses untuk request data internet juga berjalan lambat apalagi jika situs yang kalian kunjungi menampilkan banyak sekali file berupa script, gambar dan video.

Baca juga: 4+ Cara Mempercepat Kinerja HP Android Tanpa Root Dan Rahasia

9. Mengganti Ke Jaringan Yang Lebih Stabil

Metode yang satu ini mungkin terlihat sepele, namun kenyataannya juga memiliki dampak yang besar pada koneksi internet. Dari pengalaman yang pernah saya alami waktu itu jaringan 4G di daerah saya sedang mengalami perbaikan untuk ditingkatkan, tentu saja hal itu juga mempengaruhi jaringan tersebut sehingga membuat sinyal jaringan di daerah itu menjadi tidak stabil.

Solusinya saya mencoba untuk menggunakan jaringan 3G/2G, dan ternyata benar saja jaringan 3G dan 2G masih tetap lancar dan bisa berjalan dengan baik. Cara ini bisa kalian terapkan untuk daerah yang masih belum mendukung atau susah mendapat sinyal 4G.

Langkah pertama ialah masuk ke menu "Pengaturan > Jaringan dan Internet > Jaringan Seluler > Jenis Jaringan Yang Dipilih" setelah itu pilihlah jaringan yang stabil, silahkan dicoba coba untuk melihat jaringan memiliki banyak sinyal.

10. Pilih Provider Yang Tepat

Hampir mirip seperti cara nomor 9 tentang jangkauan jaringan, namun yang berbeda adalah penyedia layanan jaringan internet tersebut alias Internet Service Provider (ISP).

Kalian harus pintar dan jeli dalam memilih penyedia layanan jaringan yang sesuai untuk wilayah kamu karena hal ini sangat berpengaruh sekali, karena setiap wilayah memiliki kualias jaringan yang berbeda. Untuk menganalisa hal ini kalian dapat membahasnya dengan beberapa teman atau rekan kalian yang tinggal di daerah sekitar untuk menentukan operator jaringan yang tepat.

Baca juga :

Kalau di daerah saya operator jaringan internet seperti Indosat, Axis dan Telkomsel biasanya memiliki kecepatan yang stabil di wilayah perkotaan, namun untuk di wilayah pedesaan biasanya lebih stabil menggunakan operator jaringan Three dan Smartfren.
Promo Menarik
Thumbnail
Diskon Barang Elektronik Di Lazada Hingga 80%
Cek disini
Thumbnail
Promo Cuci Gudang, Diskon Sampai 50%
Cek disini
Thumbnail
Murah Pol - Barang Murah Berkualitas Mewah
Cek disini
Thumbnail
Tampil Cantik Gak Perlu Mahal - Diskon 50%
Cek disini
Thumbnail
Kumpulan Barang Untuk Kesehatan - Diskon 50%
Cek disini

Comments

Lazada