Lazada

4 Cara Mudah Untuk Membersihkan File Cache Laptop Dan Komputer

No Comment August 27, 2019
Cara Mudah Untuk Membersihkan File Cache Di Laptop Dan Komputer. Cache merupakan sebuah file sementara yang dihasilkan dari proses data pada setiap perangkat seperti PC, Tablet dan Smartphone, hal ini bertujuan untuk mekanisme akses sebuah file data yang sama guna mempersingkat menampilkan semua data yang telah dikumpulkan sebelumnya.

Alih alih berguna untuk mempercepat kinerja perangkat komputer, Cache atau bisa disebut dengan temporary file ini jika dibiarkan akan menjadi file sampah shingga bisa mengurangi kinerja perangkat tersebut lantaran banyaknya tumpukan file cache.

Bagi perangkat perangkat yang memiliki media penyimpanan yang cukup besar, cache dapat bekerja optimal. Namun bagi perangkat yang memiliki media penyimpanan yang kecil justru bisa menghambat kinerja perangkat tersebut jika tidak dibersihkan secara berkala.

Untuk menghapus file cache pada perangkat PC yang menggunakan OS Windows (XP, 7, 8, 10 dan seterusnya) kalian bisa mengikuti cara berikut ini meskipun tampilannya agak sedikit berbeda pada setiap versinya.

Menghapus File Cache Di Laptop Dan Komputer

Menghapus File Cache Di Laptop Dan Komputer
1. Menuju Ke Root Folder Temporary File
Menuju Ke Root Folder Temporary File
Untuk cara pertama kita bisa menggunakan fitur Windows Run, dengan tool ini kita bisa menggunakan perintah tertentu dalam melakukan sesuatu, contohnya saja untuk menuju ke folder temporary file secara langsung seperti berikut ini.
  • Klik tombol "Start/Windows" kemudian pilih "All Programs" lalu pilih "Accessories" dan klik "Run" atau bisa langsung dengan shortcut "Windows + R". Setelah itu kalian ketik perintah %temp% kemudian kalian akan muncul pop up File Explorer yang menuju ke "C:\Users\Admin\AppData\Local\Temp". Kemudian silahkan kalian hapus semua file cache yang kalian inginkan.
  • Masih ada folder yang menyimpan file cache di windows yang bernama "Temp", untuk akses menuju kesana silahkan ketik perintah "Temp" atau langsung saja menuju ke "C:\Windows\Temp" melalui File Explorer pada windows.

2. Menghapus Cache Pada Browser
Setiap software (program aplikasi) yang terpasang dan pernah kamu jalankan pada komputermu secara otomatis akan membuat file temporary sendiri, termasuk juga dengan aplikasi browser yang digunakan untuk mengakses website di internet.
  • Buka browser (Google Chrome) kalian terlebih dahulu, pilih menu "Settings"
  • Selanjutnya pergi ke submenu "Privacy and Security" dan pilih "Clear Browsing Data"
Menghapus Cache Pada Browser
  • Kemudian silahkan kalian atur opsi penghapusan file cache tersebut dan klik tombol "Clear Data" untuk memulai penghapusan file cache pada browser tersebut.
Menghapus Cache Pada Browser 2

3. Menggunakan Alat Disk CleanUp
Menggunakan Alat Disk CleanUp
Dengan alat bawaan dari windows ini maka kita bisa menghapus semua file cache yang ada pada laptop kita dengan mudah, seperti menghapus cache thumbnail foto dan video, internet dan lain lain. Untuk caranya silahkan ikuti langkah langkah berikut:
  • Klik tombol "Start/Windows > All Programs > Accessories > System Tools > Disk Cleanup".
  • kemudian kalian pilih lokasi partisi hardisk yang ingin kalian bersihkan dan klik "OK".
  • Tunggu proses scanning selesai dan pilih file cache yang hendak dihapus dengan memberi tanda centang dan klik perintah "Clean Up System Files".

4. Menggunakan Program Aplikasi CCleaner
Menggunakan Program Aplikasi CCleaner
Kita juga bisa membersihkan file sampah menggunakan software pihak ketiga yang bernama CCleaner, kalian bisa mendownloadnya di internet dengan keyword "Download CCleaner" di google maka akan muncul banyak sekali situs yang menyediakan aplikasi tersebut.

Jika kalian sudah mendownloadnya maka selanjutnya adalah dengan menginstalnya dan menjalankannya, setelah masuk ke menu "Cleaner/Pembersih" dan beri tanda centang pada semua sistem dan aplikasi yang hendak dihapus file cachenya, dan klik "Run Cleaner" untuk memulainya.

Baca juga :
Pengertian, Jenis Jenis, Dan Mencegah Virus Komputer
Cara Ampuh Menghapus Riwayat Pencarian Di Browser
Inilah Top 7 Software AntiVirus Komputer Paling Ampuh

Demikianlah tutorial untuk membersihkan File Cache di Laptop dan Komputer dengan menghapusnya yang dapat saya instruksikan pada kalian semua, semoga berguna.
Promo Menarik
Thumbnail
Diskon Barang Elektronik Di Lazada Hingga 80%
Cek disini
Thumbnail
Promo Cuci Gudang, Diskon Sampai 50%
Cek disini
Thumbnail
Murah Pol - Barang Murah Berkualitas Mewah
Cek disini
Thumbnail
Tampil Cantik Gak Perlu Mahal - Diskon 50%
Cek disini
Thumbnail
Kumpulan Barang Untuk Kesehatan - Diskon 50%
Cek disini

Comments

Lazada