Lazada

Pengertian, Jenis Jenis, Dan Mencegah Virus Komputer

No Comment October 27, 2018
Pengertian, Jenis Jenis, Dan Mencegah Virus Komputer

Pengertian Mengenai Apa Itu Virus Komputer?

Virus Komputer adalah sebuah program yang digunakan dibuat oleh para black hat hacker (Cracker) yang bisa menyebar pada komputer korban untuk mendapatkan sebuah informasi dan juga akses pada program atau data dari komputer korban.
Biasanya virus komputer dengan mudah menyebar begitu saja melalui aplikasi yang didownload dari situs tidak dikenal seperti aplikasi freeware yang bisa di akses siapa saja tapi juga bisa membawa virus, virus juga bisa menyebar melalui flashdisk yang disusupi oleh virus dan menyebar apabila digunakan dari komputer ke komputer lain.

Tujuan Virus Pembuatan Virus Komputer ?

Seperti yang saya jelaskan sebelumnya di atas, bahwa virus memiliki berbagai macam jenis. Namun tujuan yang paling umum dalam pembuatan virus adalah untuk melakukan pencurian data seseorang, seperti melakukan kejahatan carding dan phising.
Ada juga virus yang berfungsi sebagai untuk mengambil alih komputer si korban untuk mendapatkan hak akses penuh pada perangkat tersebut, sehingga tiba tiba saja komputer kita terpasang sebuah malware dan spyware yang dapat memunculkan sebuah iklan secara serentak dan terus menerus, dan yang lebih parah lagi komputer kita bisa saja mengalami hang akibat dari penggandaan dirinya sendiri yang akan memenuhi ruang penyimpanan (disk memori) komputer kita.

Baca juga :
Cara Ampuh Menghapus Riwayat Pencarian Di Browser
Cara Mudah Untuk Membuat Icon Folder Sendiri
Tutorial Mengganti Alamat IP Di Windows

Jenis Jenis Virus Komputer Dan Juga Cara Mencegahnya

1. Trojan
Virus Trojan adalah virus komputer digunakan untuk mengendailkan dan mencuri data dari para komputer lainnya. Virus Trojan bisa menyebar cepat melalui internet dengan cara mengirim virus tersebut kedalam pesan email. Kalian bisa menggunakan software Trojan Hunter atau Trojan Remover untuk mencegah penyebarannya.

2. Worm
Berbeda dari virus Trojan, Virus yang bernama Worm ini mirip seperti bakteri atau kutu, karena mereka dengan sangat cepat bisa menggandakan dirinya sendiri sehingga bisa memenuhi ruang penyimpanan pada komputer anda. Jadi hal inilah yang membuat komputer kalian mengalami hang.
Untuk mengatasi virus Worm kalian menggunakan antivirus pada komputer kalian, untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal kalian bisa menggunakan versi Pro.

3. Memory Resident Virus
Selnjutnya adalah virus yang disebut dengan nama Memory Resident Virus yang merupakan sebuah virus dimana mereka melakukan serangan kinerja pada RAM komputer kita, sehingga hal ini menimbulkan komputer kita menjadi lemot dan lamban dalam menjalan suatu program.
AntiVirus yang dapat kalian gunakan untuk menghaspu virus adalah AVG, AVAST dan lainnya

4. Multipartite Virus
Sebuah virus yang dirancang dari berbagai macam file yang dapat menginfeksi program tertentu dan juga bisa menyelinap kedalam RAM dan shingga juga dapat menginfeksi Hard Disk komputer.
Biasanya untuk mengatasi hal ini adalah dengan cara melakukan defrag secara rutin pada hard disk kita menggunakan tool bawaan dari windows yang bernama Disk Defragmenter

5. FAT Virus
FAT merupakan singkatan dari File Allocation Table Virus yang dimana virus ini dapat merusak sebuah file tertentu pada komputer anda sehingga dapat mengakibatkan file tersebut hilang dari komputer. Gunakan antivirus pada komputermu supaya hal tersebut bisa teratasi

6. Directory Virus
Directory Virus adalah virus komputer yang menyerang file yang berekstensi exe sehingga apabila kalian menjalankan suatu program di komputer kalian maka tiba tiba program tersebut mengalami error dan tidak bisa dijalankan, apabila tidak segera ditangani maka bisa menginfeksi ke program lainnya dan sehingga kalian harus melakukan format dan instal ulang perangkat komputer kalian

7. Macro Virus
Selanjutnya adalah Macro Virus yang dimana virus ini menyebar dari sebuah email dan akan menyerang sebuah file yang memiliki format docx, xls, pptx dan semacamnya. Untuk menghindari hal tersebut pastikan kalian tidak membuka sebuah email yang dimana menurut kalian itu sangat mencurigakan

8. Boot Sector Virus
Boot Sector Virus merupakan virus yang perlu di waspadai karena virus inipun juga dapat menyerang bagian hard disk komputer kita yang paling terkecil yang disebut dengan boot sector. Apabila ada suatu program yang akan berjalan maka virus ini akan menyerang file didalamnya. Supaya hal itu tidak terjadi maka pilihlah opsi write protect pada hard drive kamu.

9. Overwrite Virus
Virus ini adalah virus komputer yang sangat menjengkelkan sekali, karena virus ini akan menghapus data file pada komputer kita namun kapasitas pada hard disk komputer kita tidak mengalami perubahan sama sekali. Jadi seakan akan file yang ada di hard disk kita masih ada didalam directory komputer kita yang bisa membuat kita menjadi tidak curiga.
Supaya virus tersebut tidak menular ke file lainnya maka kalian harus menghapus file yang sudah terinfeksi tersebut

10. Direct Action Virus
Direct Action Virus merupakan sebuah virus yang bisa melakukan serangan terhadap file Autoxec Bat, yang dimana virus ini akan mulai berjalan ketika komputer kita melakukan proses booting dan mereka akan menyerang hard disk komputer, bukan hanya itu saja, virus ini juga bis menyerang pada hard disk eksternal dan juga flashdisk. Lakukan proses scanning menggunakan antivirus terpercaya agar virus ini bisa hilang dari komputer kalian

11. Web Scripting Virus
Selanjutnya adalah virus Web Scripting yakni sebuah virus yang berasal dari script sebuah website dan menginfeksi program program yang ada pada komputer kita. Untuk menanganinya kalian hanya perlu melakukan pemebersihan secara rutin menggunakan Microsoft Tool atau bisa menggunakan antivirus lainnya.

12. Ransomware Wanna Cry
Virus yang satu ini terbilang masih hangat dibicarakan lantaran virus ini pernah booming sejagad raya karena banyaknya korban. Virus Ransomware Wanna Cry merupakan sebuah virus yang bisa melakukan encrypting atau mengunci semua file pada komputer, sehingga para korban dimintai tebusan untuk membuka password dari file yang di kunci tersebut. Ransomware Wanna Cry bisa menyebar melalui pesan email kalian. Untuk mengatasinya kalian bisa membayar tebusan menggunakan bitcoin yang diminta oleh si pembuat virus atau bisa mengantisipasi dengan cara tidak membuka email yang mencurigakan, lakukan juga pembaruan antivirus pada komputermu supaya tidak terinfeksi virus ini.

Baca juga :
Cara Mudah Mengubah Tampilan Cursor Pada Windows
3 Cara Upload Foto Instagram Lewat Laptop (PC)
2 Cara Menyembunyikan File Di Windows Tanpa Aplikasi

Demikian tadi pembahasan mengenai Macam Macam Virus yang bisa menginfeksi pada komputer kita, sudah sepatutnya kita harus waspada terhadap sebuah situs yang mencurigakan yang hendak kita kunjungi dan juga aplikasi freeware yang akan kita pasang. Jadi berhati hatilah terhadap virus tersebut dengan melakukan antisipasi dan memasang antivirus dan selalu melakukan update rutin.
Promo Menarik
Thumbnail
Diskon Barang Elektronik Di Lazada Hingga 80%
Cek disini
Thumbnail
Promo Cuci Gudang, Diskon Sampai 50%
Cek disini
Thumbnail
Murah Pol - Barang Murah Berkualitas Mewah
Cek disini
Thumbnail
Tampil Cantik Gak Perlu Mahal - Diskon 50%
Cek disini
Thumbnail
Kumpulan Barang Untuk Kesehatan - Diskon 50%
Cek disini

Comments

Lazada