Lazada

7 Tips Merawat Baterai Laptop Agar Tetap Awet Dan Tahan Lama

No Comment August 28, 2019
Tips Merawat Baterai Laptop Agar Tetap Awet Dan Tahan Lama. Kapasitas penyimpanan daya pada baterai merupakan suatu komponen yang sangat penting pada laptop, karena semakin besar kapasitas pnyimpanan baterai tersebut maka semakin lama kita bisa menggunakan laptop tersebut.

Namun kebiasaan dalam penggunaan laptop tersebut juga bisa mempengaruhi kondisi dan kualitas pada baterai, untuk mengetahui apa saja penyebab dan cara merawat baterai dengan benar, maka kalian bisa mengikuti tips berikut ini.

Tips Ampuh Untuk Merawat Kondisi Baterai Laptop Supaya Tetap Awet Dan Bisa Bertahan Lama

Tips Ampuh Untuk Merawat Kondisi Baterai Laptop Supaya Tetap Awet Dan Bisa Bertahan Lama

1. Gunakan Mode Power Saver
Cara pertama yang bisa kalian gunakan untuk menghemat baterai laptop kamu adalah dengan menggunakan mode Power Saver, dengan begini usia penggunaan baterai laptopmu akan lebih awet dan tahan lama. Untuk mengaktifkan fitur ini tergolong sabgat mudah, silahkan klik "Icon Battery" di taksbar kemudian pilih menu "More power options" setelah itu pilih mode "Power Saver".

2. Kurangi Tingkat Kecerahan Pada Layar
Langkah selanjutnya adalah dengan mengurangi tingkat atau intensitas kecerahan layar laptop. Tingkat kecerahan layar LED laptop yang terlalu terang maka akan membutuhkan konsumsi daya baterai yang begitu banyak, maka tak heran jika baterai laptopmu akan boros.

Oleh karena itu lebih baik mengurangi tingkat kecerahan layar tersebut untuk penghematan daya. Untuk mengaturnya silahkan klik di "icon battery" pilih "Adjust screen brightness" lalu klik "Change plan settings" kemudian atur tingkat kecerahannya ke level yang paling rendah.

3. Tutup Aplikasi Yang Tidak Digunakan
Selain dapat memperlambat kinerja laptop, aplikasi yang banyak berjalan di background komputer juga menyedot banyak sekali daya dari baterai laptopmu. Jadi solusinya adalah dengan menghentikan atau menutup beberapa aplikasi yang sedang tidak kamu gunakan.

4. Perhatikan Temperatur Lingkungan Sekitar
Jika lingkungan yang ada di sekitarmu sedang mengalami cuaca ekstrem seperti suhu minus dan terlalu panas, maka hal ini bisa merusak kondisi baterai bateraimu. Oleh sebab itu simpan dan digunakan laptop di tempat yang aman dan nyaman.

5. Gunakanlah Charger Original
Gunakanlah charger original buatan pabrik dari laptopmu. Meskipun setiap port pada charger laptop sebagian besar memiliki bentuk yang sama tapi kalian jangan pernah mencoba untuk menggunakan charger milik teman ataupun versi kw, karena setiap charger laptop memiliki kekuatan arus listrik yang berbeda.

Jika kamu menggunakan charger kw alias tiruan maka arus listrik yang masuk ke baterai laptop menjadi tidak stabil karena arus tersebut terlalu besar atau kecil.

6. Matikan Wifi Jika Tidak Digunakan
Tahukah kalian, jika kita telah menginstal driver Wi-Fi maka wifi tersebut akan aktif secara otomatis. Apabila kamu sedang tidak ingin menggunakan jaringan wifi maka kamu bisa mematikan wifi laptopmu untuk mengurangi konsumsi daya pada baterai laptop.

7. Pakailah Laptop Dengan Baik
Saat kalian menggunakan laptop, kalian harus menggunakannya dengan baik. Ada beberapa yang tidak boleh kalian lakukan jika ingin baterai laptop tetap awet.
  • Jangan menggunakan laptop hingga ngedrop (baterai habis alias 0%)
  • Tidak dianjurkan untuk menggunakan laptop saat sedang dicas
  • Lebih dianjurkan untuk mengecas laptop dalam keadaan mati
  • Cabut charger jika sudah penuh 100%

Baca juga :
8+ Cara Mengatasi Laptop/Komputer (PC) Yang Macet, Ngehang Dan Not Responding
5 Cara Mengatasi Laptop/Komputer (PC) Yang Lemot Dan Ngelag
3 Cara Menghapus Virus Shortcut Di Komputer Dan Flashdisk Sampai Bersih + Pencegahannya

Itulah beberpa tips mengenai cara Merawat Baterai Laptop Agar Tetap Awet Dan Tahan Lama.
Promo Menarik
Thumbnail
Diskon Barang Elektronik Di Lazada Hingga 80%
Cek disini
Thumbnail
Promo Cuci Gudang, Diskon Sampai 50%
Cek disini
Thumbnail
Murah Pol - Barang Murah Berkualitas Mewah
Cek disini
Thumbnail
Tampil Cantik Gak Perlu Mahal - Diskon 50%
Cek disini
Thumbnail
Kumpulan Barang Untuk Kesehatan - Diskon 50%
Cek disini

Comments

Lazada