Lazada

5 Cara Mengatasi Google Play Store Tidak Bisa Dibuka

No Comment November 28, 2019
Cara Mengatasi Google Play Store Tidak Bisa Dibuka. Google Play Store adalah sebuah platform khusus dari google yang menyediakan berbagai macam jenis aplikasi seperti tools, game, sosial media dan masih banyak lagi aplikasi yang telah dikembangkan oleh beberapa developer yang dapat kalian temukan untuk didownload dengan gratis maupun berbayar, bahkan termasuk Google Play Book juga tersedia disana.

Selain itu Play Store juga menjadi tempat yang paling aman untuk mendapatkan semua aplikasi terbaru dengan aman karena sebelum aplikasi tersebut di rilis di Google Play Store pihak google akan mengeceknya terlebih dahulu sebagai proses syarat verfikasi keamanan bagi semua penggunanya.

Namun seringkali kita mengalami kendala saat hendak membuka aplikasi Google Play Store ini dan kerap menampilkan beragam pesan error, seperti "Sayangnya Google Play Store telah berhenti", "Sayangnya Google Play Store tidak menanggapi", "Layanan Google Play Store telah berhenti", "Unfortunately Google Play Store has been stopped" ataupun bahkan hingga tidak menampilkan pesan sama sekali (blank putih dan keluar sendiri).

Untuk mengatasi masalah Mengatasi Google Play Store Yang Tidak Bisa Dibuka, ada beberapa hal yang harus kalian perhatikan dan juga kalian lakukan untuk menangani masalah tersebut, dan untungnya saya memiliki beberapa solusinya yang dapat kalian coba.

Solusi Untuk Cara Mengatasi Masalah Google Play Store Yang Tidak Bisa Dibuka


1. Hapus Cache Untuk Mengatasi Google Play Store Tidak Bisa Dibuka

Cara pertama yang dapat kalian coba adalah dengan menghapus file cache yang ada di Google Play Store. File cache ini ibarat sebuah alat perekam jejak yang berfungsi untuk menyimpan riwayat aktifitas yang pernah kita jelajahi sehingga apabila kita membuka aplikasi itu kembali maka kita dapat mengaksesnya dengan loading yang lebih cepat dari loading awal.

Untuk menghapus file Cache kita bisa langsung menuju ke "Pengaturan > Aplikasi > Google Play Store > Penyimpanan" setelah itu kalian ketuk pada tombol "Hapus Cache".
Baca juga: 7+ Aplikasi Pembersih File Sampah (Cleaner) Terbaik Di Android

2. Mengatasi Google Play Store Tidak Bisa Dibuka Dengan Menghapus Data Aplikasi Google Play Store

Metode lainnya yaitu kita dapat menghapus semua data yang tersimpan pada aplikasi Google Play Store, sehingga hal ini dapat mengembalikan semua pengaturan secara default dan dapat menghilangkan beberapa kemungkinan yang dapat mengakibatkan error.

Hampir mirip seperti cara menghapus file cache, kalian bisa langsung membuka menu aplikasi "Pengaturan > Aplikasi > Google Play Store > Penyimpanan" setelah itu kalian ketuk pada tombol "Hapus Data".

3. Mengosongkan Ruang Penyimpanan Untuk Mengatasi Google Play Store Yang Tidak Dapat Dibuka

Cara Mengatasi Google Play Store Tidak Bisa Dibuka selanjutnya adalah dengan mengecek memori internal. Ruang penyimpanan yang penuh pada android dapat menimbulkan beberapa masalah seperti tidak dapat memproses data, tidak dapat menyimpan file dan data baru, serta tidak dapat menginstal maupun membuka aplikasi termasuk Google Play Store itu sendiri.

Untuk mengatasi hal tersebut saya menyarankan kepada kalian agar memindahkan semua data aplikasi kamu ke Memori Eksternal, bila perlu kamu bisa memindahkan file atau data datamu kedalam Cloud Storage seperti Google Drive dan One Drive. Dengan melakukan demikian maka kapasitas ruang penyimpanan Internal pada teleponmu akan lebih longgar.

4. Mengatasi Google Play Store Yang Tidak Bisa Dibuka Dengan Membalikan Google Play Store Ke Versi Awal

Jika sebelumnya kalian masih bisa membuka aplikasi Play Store namun setelah diupdate malah kalian tidak dapat membukanya maka bisa jadi versi tersebut tidak cocok atau kurang mendukung pada perangkat androidmu, karena saya sendiri pernah mengalami hal ini yaitu bisa membuka Play Store namun tidak bisa menampilkan isi aplikasi tersebut alias Play Store mengalami blank putih.
Cara Mengatasi Google Play Store Tidak Bisa Dibuka
Untuk Mengatasi Google Play Store Tidak Bisa Dibuka maka kamu harus mencoba untuk mengembalikannya ke versi sebelumnya ataupun versi pabrik. Untuk caranya pergi ke "Pengaturan > Aplikasi > Google Play Store > Nonaktifkan" setelah itu akan muncul pop up baru, pilih saja "Menonaktifkan aplikasi" lalu muncul lagi pop up berisi "Gantikan aplikasi dengan versi pabrik? Semua data akan dihapus." maka kalian pilih saja tombol "Oke".

5. Kembalikan Google Play Service Ke Versi Awal Untuk Mengatasi Google Play Store Tidak Bisa Dibuka

Salah satu penyebab aplikasi Play Store error adalah aplikasi Google Play Service kalian tidak support untuk perangkat dan aplikasi tersebut, sehingga hal ini mempengaruhi data aplikasi Play Store.

Untuk itu kalian harus menggunakan aplikasi Layanan Google Play versi lawas agar dapat sinkron dengan Play Store. Masuk ke "Pengaturan > Aplikasi > Google Play Service > Nonaktifkan" lalu pilih "Menonaktifkan aplikasi" dan pilih "Oke".

Baca juga:

Itulah beberapa Solusi Cara Mengatasi Google Play Store Tidak Bisa Dibuka yang dapat kalian coba untuk mengatasinya.
Promo Menarik
Thumbnail
Diskon Barang Elektronik Di Lazada Hingga 80%
Cek disini
Thumbnail
Promo Cuci Gudang, Diskon Sampai 50%
Cek disini
Thumbnail
Murah Pol - Barang Murah Berkualitas Mewah
Cek disini
Thumbnail
Tampil Cantik Gak Perlu Mahal - Diskon 50%
Cek disini
Thumbnail
Kumpulan Barang Untuk Kesehatan - Diskon 50%
Cek disini

Comments

Lazada