Lazada

2 Cara Menghapus Semua Data Memori Internal Dan Eksternal Android

No Comment November 20, 2019
Cara Menghapus Semua Data Memori Internal Dan Eksternal Android. Memori merupakan sebuah media komponen elektronik yang mampu menyimpan data dalam berbagai format.
Umumnya memori penyimpanan Android terbagi menjadi 2 jenis, yaitu memori Internal dan Eksternal.
Memori Internal merupakan memori yang sudah tersedia dari vendor atau pabrik yang memproduksi smartphone tersebut, dan tentunya memori Internal juga dipakai untuk menyimpan data pada sistem operasi Android itu sendiri.
Sedangkan untuk memori Eksternal merupakan sebuah media penyimpanan data yang dapat ditambahkan dari komponen luar HP itu sendiri, seperti SD Card dan juga OTG yang mampu menghubungkan SD Card secara perantara.

Mungkin sebagian dari kita pasti ingin sekali menghapus atau memformat memori Internal ataupun Eksternal, hal yang melatarbelakangi untuk melakukan hal tersebut adalah karena memori sudah hampir penuh, data yang disimpan sudah tidak penting atau tidak digunakan lagi, dan alasan lainnya.

Perhatian: sebelum melakukan format data pada memori, alangkah baiknya jika kalian mencadangkan kontak dan file penting lainnya ke media penyimpanan awan (Cloud Storage) agar kita dapat mengaksesnya kembali apabila sewatku waktu kita membutuhkannya lagi.

Cara Mengosongkan Memori Eksternal Android

1. Menggunakan Opsi Format Memori

1. Masuk ke menu Pengaturan/Settings di android kamu.
2. Pilih menu "Penyimpanan".
3. Setelah itu pilih "Memori Eksternal".
4. Kemudian kalian ketuk pada opsi "Format SD Card" dan pilih "Oke".

2. Menggunakan Laptop Atau Komputer (PC)

Cara selanjutnya adalah kalian dapat menggunakan Laptop atau Komputermu untuk format memori eksternal android, dengan begitu semua data yang ada di kartu SD HP kamu akan dihapus secara permanen.

2.2. Format Data Via Kabel Data USB
1. Hubungkan HP android ke Laptop/Komputer melalui kabel data USB.
2. Setelah itu akan muncul beberapa opsi pada notifikasi bar android, pilih saja opsi "Sebagai Media Penyimpanan".
3. Selanjutnya masuk ke komputer kalian dan buka File Explorer dan masuk ke dalam menu "Computer" lalu pilih partisi media penyimpanan tersebut di bagian "Portable Device", biasanya nama partisi tersebut sesuai dengan merek HP kalian, contohnya seperti saya Infinix Smart 2.
4. Selanjutnya klik kanan pada partisi tersebut dan klik menu "Format" dan ikuti terus perintah selanjutnya kemudian tunggu sampai prosesnya berakhir.

2.2. Format Data Via Card Reader
1. Copot SD Card atau kartu memori dari Handphone kalian.
2. Pasang kedalam Card Readermu.
3. Sambungkan kedalam port USB pada PC.
4. Setelah itu buka File Explorer dan cari partisi memori SD Card di "Portable Device".
5. Klik kanan pada ikon SC Card tersebut, kemudian klik "Format" dan ikuti perintahnya lalu tunggu hingga prosesnya selesai.

Cara Mengosongkan Memori Internal Android

1. Menggunakan Aplikasi Cleaner

Cara Menghapus Semua Data Memori Internal Dan Eksternal Android Melalui Aplikasi Cleaner

Cara pertama yang bisa kalian lakukan memformat memori internal android yaitu dengan menggunakan bantuan dari aplikasi pihak ketiga. Aplikasi yang dapat melakukan tugas tersebut adalah aplikasi Cleaner atau Pembersih File.
Dengan memakai aplikasi Cleaner maka kita dapat melakukan pembersihan memori dengan memfilter file sampah seperti cache, mencopot pemasangan aplikasi, menghapus file pribadi seperti Foto, Video dan lainnya.
Kalian dapat menggunakan salah satu aplikasi Cleaner android berikut yang telah saya bahas di artikel sebelumnya yaitu 7+ Aplikasi Pembersih File Sampah (Cleaner) Terbaik Di Android.

2. Melalui Opsi Factory Reset

Cara selanjutnya yakni kita dapat memilih opsi Factory Reset atau mengembalikan data ke pangaturan pabrik, dengan begini maka memori internal akan diformat secara otomatis seperti baru dari keluaran pabrik.
Untuk cara melakukan Factory Reset, saya sudah membahasnya di artikel sebelumnya yang berjudul Fungsi Dan 3 Cara Untuk Melakukan Reset Semua Merek HP Android.

Baca juga:

Demikian tutorial singkat mengenai Cara Menghapus Semua Data Memori Internal Dan Eksternal Android. Semoga berhasil.
Promo Menarik
Thumbnail
Diskon Barang Elektronik Di Lazada Hingga 80%
Cek disini
Thumbnail
Promo Cuci Gudang, Diskon Sampai 50%
Cek disini
Thumbnail
Murah Pol - Barang Murah Berkualitas Mewah
Cek disini
Thumbnail
Tampil Cantik Gak Perlu Mahal - Diskon 50%
Cek disini
Thumbnail
Kumpulan Barang Untuk Kesehatan - Diskon 50%
Cek disini

Comments

Lazada