Lazada

Memahami Fungsi Dan 10 Contoh Perangkat Jaringan Komputer

No Comment September 27, 2019
Memahami Fungsi Dan Macam Macam Contoh Perangkat Jaringan Komputer. Dalam sebuah jaringan tentunya dibutuhkan sebuah peralatan dan komponen komponen khusus yang dapat digunakan untuk membuat atau menghubungkan ke suatu jaringan. Dan untuk itu kita memerlukan Perangkat Jaringan yang berfungsi untuk membangun sebuah jaringan.

Pengertian Fungsi Perangkat Jaringan

Seperti yang sudah kalian ketahui sebelumnya, bahwa jaringan berfungsi untuk menghubungkan beberapa perangkat komputer untuk melakukan pertukaran data.

Sedangkan Perangkat Jaringan merupakan sebuah alat atau komponen yang berupa hardware alias perangkat keras yang berfungsi sebagai media pendukung untuk membuat dan menghubungkan kedalam sebuah jaringan komputer.

Macam Macam Contoh Perangkat Jaringan


1. Komputer Server Dan Client
Perangkat Jaringan Komputer Server Dan Client
Komputer Server berguna untuk mengelola sebuah jaringan komputer client yang sedang terhubung satu sama lain. Untuk membuat sebuah komputer server maka dibutuhkan sebuah komputer dengan spesfikasi yang lebih memadai guna melakukan multitasking dan mengelola jaringan.

Sedangkan Komputer Client atau dikenal dengan istilah terminal dan workstation adalah sebuah perangkat yang memanfaatkan sumber daya dari komputer server. Perangkat yang satu tidak perlu spesifikasi khusus untuk menggunakan layanan yang disediakan oleh server.

2. Router
Router
Cara kerja router yaitu menyalurkan koneksi internet melalui protokol TCP IP menuju komputer client dengan meneruskan paket data dan membagi beberapa jaringan menjadi beberapa bagian ataupun menyatukan bagian bagian jaringan tersebut.

3. Modem
Perangkat Jaringan Modem
Modem (Modulator Demodulator) berfungsi untuk melakukan proses perubahan data sinyal digital menjadi sinyal analog dan kemudian dapat diubah kembali menjadi ke sinyal digital agar dapat diterima dan diproses oleh komputer.

4. Kabel Jaringan
Perangkat Jaringan UTP
Kabel Jaringan adalah sebuah komponen atau alat yang berfungsi sebagai media transmisi data melalui jaringan yang bisa dipakai oleh dua komputer atau lebih untuk melakukan pertukaran data satu sama lain.

5. NIC / Ethernet Card
Perangkat Jaringan Ethernet Card
NIC (Newtwork Interface Card) atau bisa disebut dengan Ethernet Card merupakan salah satu komponen CPU komputer berupa konektor yang dapat digunakan untuk menghubungkan dua komputer atau lebih kedalam jaringan seperti LAN melalui kabel. Biasanya media transmisi yang digunakan untuk memakai NIC Card adalah kabel berjenis UTP.

6. Wireless Card
Perangkat Jaringan Wireless Card
Hampir sama seperti NIC Card, Wireless Card merupakan salah satu komponen CPU komputer yang dapat digunakan untuk menghubungkan dua komputer atau lebih kedalam jaringan melalui wifi atau nirkabel.

Sebagian laptop sudah terpasang Wireless Card secara langsung dari pabriknya, sedangkan untuk komputer biasanya harus membeli komponen ini secara terpisah.

7. USB Wifi Adapter
Perangkat Jaringan USB Wifi Adapter
USB Wifi Adapter bisa dikatakan sebagai Wireless Card portable lanataran perangkat yang satu ini dapat bekerja layaknya wireless card yaitu menghubungkan ke suatu jaringan tanpa kabel. Jadi ini bisa menjadi solusi bagi pemilik laptop yang sedang mengalami kerusakan pada Wireless Card atau untuk komputer yang belum memiliki komponen Wireless Card.

8. HUB
Perangkat Jaringan HUB
HUB berfungsi untuk menerima sinyal dari komputer server atau host dan kemudian mentransmisikannya ke komputer client sehingga akan membentuk sebuah jaringan.

9. Switch
Perangkat Jaringan Switch
Cara kerja Switch hampir mirip dengan cara kerja HUB yakni untuk membagikan jaringan server kepada client. Namun yang membedakannya adalah switch mampu membatasi dan juga mengatur jumlah paket data yang ditransmisikan ke dalam komputer client yang terhubung dalam jaringan. Jadi, dengan menggunakan swictch, pengaturan data antar client bisa dibedakan dengan mudah.

10. Repeater
Perangkat Jaringan Repeater
Repeater berguna untuk memperkuat sinyal jaringan dari server agar perangkat yang diluar jangkauan dari jaringan server bisa terhubung. Cara kerjanya sendiri Repeater menerima sinyal wifi dari jaringan server lalu di pancarkan lagi dengan sinyal yang lebih kuat agar jaringan tersebut bisa dijangkau oleh lebih banyak perangkat.

Baca juga :

Demikianlah pembahasan mengenai Memahami Fungsi Dan Macam Macam Contoh Perangkat Jaringan Komputer yang dapat saya bagikan kepada teman teman semua, semoga hal ini bisa bermanfaat.
Promo Menarik
Thumbnail
Diskon Barang Elektronik Di Lazada Hingga 80%
Cek disini
Thumbnail
Promo Cuci Gudang, Diskon Sampai 50%
Cek disini
Thumbnail
Murah Pol - Barang Murah Berkualitas Mewah
Cek disini
Thumbnail
Tampil Cantik Gak Perlu Mahal - Diskon 50%
Cek disini
Thumbnail
Kumpulan Barang Untuk Kesehatan - Diskon 50%
Cek disini

Comments

Lazada