Lazada

Memahami Pengertian, Komponen, Jenis-Jenis Dan Manfaat Jaringan Komputer

1 Comment September 26, 2019
Memahami Pengertian, Komponen, Jenis-Jenis Dan Manfaat Jaringan Komputer. Seperti yang kita ketahui bahwa dengan hadirnya sistem jaringan komputer tentu hal ini dapat bermanfaat karena dapat membantu kita dalam melakukan beberapa aktifitas dengan lebih mudah dan efisien.

Ternyata jaringan komputer juga memiliki berbagai macam jenis dan fungsi lainnya yang bisa kita manfaatkan, untuk mengetahuinya silahkan baca semua isi artikel berikut.

Pengertian Jaringan Komputer

Memahami Pengertian, Komponen, Jenis-Jenis Dan Manfaat Jaringan Komputer
Jaringan Komputer merupakan sebuah perangkat komputer (PC) yang saling terhubung satu sama lain untuk berbagi data melalui kabel maupun nirkabel yang didukung oleh hardware dan software pada setiap perangkat tersebut.

Untuk menciptakan terbentuknya sebuah jaringan komputer, dibutuhkan sebuah perangkat pendukung berupa hardware dan software guna membangun sebuah tujuan atau titik yang sama pada setiap perangkat tersebut agar bisa saling terhubung guna melakukan transmisi data.

Macam Macam Komponen Sebagai Media Penghubung Jaringan Komputer

1. Jaringan Berkabel / Wired Network
Jaringan Berkabel / Wired Network
Kabel jaringan UTP
Jaringan komputer dapat dibuat melalui komponen media penghubung kabel jaringan dan komponen LAN Card, melalui kabel inilah komputer satu dengan komputer yang lainnya dapat saling terhubung satu sama lain untuk berinteraksi dan berbagi data.

Beberapa contoh kabel jaringan yang dapat dipakai untuk membuat jaringan komputer adalah kabel UTP, STP dan Fiber Optik. Biasanya jaringan berkabel ini digunakan untuk membuat topologi jaringan tertentu.

2. Jaringan Tanpa Kabel (Nirkabel) / Wireless Network
Selanjutnya ada jaringan tanpa kabel atau biasa dikenal dengan jaringan nirkabel, bentuk jaringan yang satu ini memanfaatkan gelombang radio elektromagnetik untuk mengirimkan sinyal dari satu perangkat ke perangkat lainnya guna melakukan proses transfer data.

Untuk membuat jaringan ini perangkat komputer tersebut harus sudah terpasang komponen dan juga driver Wireless (WLAN) Card, karena komponen dan software itulah yang berfungsi untuk memancarkan sinyal gelombang elektromagnetik.

Baca juga: 2 Cara Melihat Password Wifi Di Laptop Dan Komputer

Jenis Jenis Jaringan

Seiring dengan kemajuan jaman, kini jaringan telah dikelompakkan dengan berbagai macam jenis berdasarkan kategorinya, dan jaringan ini dapat kita jumpai di lingkungan kita sehari hari.

1. LAN
LAN merupakan singkatan dari Local Area Network yang berarti jaringan jenis ini hanya bisa menjangkau wilayah yang relatif kecil seperti rumah, gedung, kantor, sekolah dan bangunan yang ada di sekitarnya.

Jaringan LAN juga biasa menggunakan konektifitas ethernet dengan kabel jaringan maupun tanpa kabel yang bisa disebut dengan nama WLAN. LAN atau WLAN biasanya dimiliki oleh perorangan maupun berkelompok.

2. MAN
MAN atau Metropolitan Area Network adalah sebuah jaringan komputer yang terdiri dari beberapa jaringan kecil seperti LAN yang saling terhubung satu sama lain sehingga memiliki jangkauan yang lebih luas dari LAN biasa. Jaringan MAN mampu mencakup seluruh wilayah seisi kota tersebut.

3. WAN
WAN adalah Wide Area Network yang berarti jaringan ini memiliki jangkauan yang lebih luas dari jaringan LAN dan MAN karena WAN mampu menghubungkan jaringan mencakup daerah geografis tersebut seperti negara hingga Benua.

4. Internet
Internet (Inter Connection Network) merupakan sebuah jaringan publik yang dapat diakses oleh siapa saja, jaringan ini juga mampu menhjangkau semua wilayah dan negara di seluruh dunia yang sudah terhubung ke internet.

Jaringan internet terhubung dengan metode wireless alias tanpa kabel, dan jaringan internet juga bisa digunakan untuk menghubungkan ke berbagai mecam perangkat yang sudah mendukung jaringan wireless seperti Smartphone, Laptop, Komputer, CCTV, TV, Webcam dan masih banyak lagi.

5. VPN
VPN (Virtual Private Network) termasuk ke dalam jaringan internet, namun VPN mampu menyediakan kualitas jaringan yang lebih aman dari jaringan internet biasa. Biasanya jaringan VPN ini juga digunakan oleh perusahaan itu sendiri untuk saling terhubung satu sama lain.

Baca juga: Inilah 7 Aplikasi VPN Android Untuk Berinternet Secara Anonim

Manfaat Dan Kelemahan Jaringan Komputer

1. Manfaat Jaringan

Dengan terbentuknya sebuah jaringan, ada beberapa manfaat yang bisa kita peroleh darinya yang di antaranya adalah:

1. Untuk Berbagi Data Dan Informasi
Manfaat pertama yang bisa kita peroleh dari adanya sebuah jaringan komputer adalah kita dapat melakukan proses transfer atau berbagi bermacam macam bentuk data, sehingga hal ini dapat memungkinkan kita untuk saling berbagi beragam informasi yang lebih efisien karena aksesnya yang begitu mudah.

2. Dapat Berbagi Sumber Daya
Kita juga dapat berbagi sumber daya pada setiap perangkat kita, contohnya saja untuk berbagi sumber daya media penyimpanan data seperti Hardisk, SSD dan juga penyimpanan awan (Cloud Storage), kita juga dapat berbagi sumber daya lainnya seperti Printer dan CCTV.

3. Dapat Berinteraksi Jarak Jauh
Melalui jaringan yang sudah saling terhubung, tentunya kita juga dapat melakukan berbagai macam interaksi meskipun jarak satu pengguna antar pengguna lainnya sangatlah jauh.

4. Mengamankan Data
Dengan adanya sebuah jaringan maka kita dapat melakukan opsi pencadangan dan pemulihan alias backup and restore, sehingga kita dapat mencegah data data kita dari terjadinya kehilangan sebuah data.

2. Kelemahan Jaringan

Selain membawa manfaat, jaringan komputer juga memiliki kekurangan atau kelemahan yang tidak boleh dianggap remeh, seperti:

1. Biaya Instalasi Dan Operasional
Hal pertama yang sering dijumpai untuk membuat sebuah jaringan ialah sudah tentu biaya itu sendiri, biaya itu meliputi untuk instalasi, operasional, perbaikan atau maintance pada jaringan.

Biaya yang dikeluarkan untuk membangun sebuah jaringan sangatlah beragam, tergantung seberapa luas jaringan tersebut yang ingin dibuat. Jika ingin memasang jaringan di rumahan tentu biayanya hanya sedikit, namun jika untuk perkantoran tentu akan membutuhkan biaya yang lebih besar karena membutuhkan cakupan yang lebih luas.

2. Membutuhkan Banyak Peralatan
Untuk membuat jaringan komputer juga membutuhkan banyak sekali perangkat yang diperlukan, mulai komputer sebagai Client dan Server, kabel jaringan, Router, HUB, Switch, Repeater dan masih lagi. Selain itu kita juga membutuhkan software yang dapat mendukung untuk terbentuknya sebuah jaringan.

3. Sering Terjadi Masalah
Kerugian lainnya yang sering kita jumpai pada sebuah jaringan biasanya yaitu sebuah masalah seperti terjadinya trouble yang disebabkan oleh beberapa perangkat yang sedang mengalami error atau kerusakan, dan tentunya hal ini dapat merusak jaringan sekitar hingga bisa sampai mengarah ke sistem dan biaya untuk memperbaiki jaringan tersebut sangatlah besar.

Demikian artikel yang membahas mengenai Memahami Pengertian, Komponen, Jenis-Jenis Dan Manfaat Jaringan Komputer, semoga bermanfaat.
Promo Menarik
Thumbnail
Diskon Barang Elektronik Di Lazada Hingga 80%
Cek disini
Thumbnail
Promo Cuci Gudang, Diskon Sampai 50%
Cek disini
Thumbnail
Murah Pol - Barang Murah Berkualitas Mewah
Cek disini
Thumbnail
Tampil Cantik Gak Perlu Mahal - Diskon 50%
Cek disini
Thumbnail
Kumpulan Barang Untuk Kesehatan - Diskon 50%
Cek disini

1 comment:

Komentar spam tidak akan di tampilkan !
Maka nikmat Tuhanmu yang manakah yang kamu dustakan?
Kembalilah ke jalan yang benar sebelum Allah sendiri yang memberikan peringatan kepadamu

Lazada