2 Cara Mengubah Data Vertikal Menjadi Horizontal Di Microsoft Excel 2007
Dalam pembuatan data di Microsoft Excel pastinya secara otomatis akan tersusun seperti tabel baik itu secara vertikal ataupun horizontal, namun ketik kita sudah membuat data tabel tersebut secara vertikal tiba tiba kita berubah pikiran dan ingin merubah tampilan tabel tersebut menjadi horizontal. Maka kita pasti akan capek membuat ulang data tersebut ataupun melakukan copy paste pada data tebal dengan satu persatu, nah oleh karena itu pada kali ini saya akan membagikan sebuah tutorial cara memutar atau merubah data tabel vertikal menjadi horizontal ataupun sebaliknya. Dengan begini kita tidak perlu memindahkan baris ataupun kolom pada Microsoft Excel secara satu persatu
Baca juga tutorial sebelumnya tentang 3 Cara Menulis Angka 0 (Nol) Di Microsoft Excel 2007
Baca juga:
2 Cara Memutar Atau Mengubah Data Tabel Vertikal Menjadi Horizontal Dan Juga Sebaliknya Di Microsoft Excel
1. Memutar Atau Mengubah Data Tabel Dengan Cara Copy Paste
Dengan menggunakan cara ini kita tidak perlu susah payah menulis ulang data tabel ataupun copy paste data tabel secara satu persatu, akan tetapi kita akan menggunakan sebuah copy paste spesial pada Microsoft Excel, dengan begini kita akan lebih mudah memindahkan data baris menjadi kolom dan sebaliknya. Lihat berikut iniA. Blok/Seleksi seluruh data tabel yang ada di Microsoft Excel
Perlu di ingat bahwa perintah Cut atau Ctrl+X tidak akan berfungsi pada tutorial ini
C. Setelah seluruh data tabel sudah di Copy maka langkah selanjutnya adalah memindahkan data tabel tersebut kedalam sel yang kalian inginkan dengan cara klik kanan dan pilih Paste Special dan beri centang pada menu checkbox Transpose
2. Memutar Atau Mengubah Data Tabel Dengan Menggunakan Rumus Transpose
Menggunakan cara yang satu ini memerlukan ketelitian karena jika rumus ataupun jumlah sel yang tidak selaras maka hasilnya akan berbeda dengan aslinyaA. Kita harus tau jumlah baris dan kolom dalam tabel Microsoft Excel tersebut, seperti contoh gambar dibawah ini terdapat 7 kolom dan 2 baris dalam tabel tersebut.
a. Block atau seleksi sel sesuai jumlah atau baris dan kolom dalam tabel
Pastikan kalian menyeleksi sel sesuai jumlah baris dan kolom, Jika kalian menyeleksi sel terlalu banyak atau terlalu sedikit maka hasilnya akan ada yang error atau tidak terbaca
saya memasukkan rumus =Transpose(A1:G2) karena tabel yang ingin saya pindahkan berada di range A1 sampai G2 , kalian bisa mengubah rumus transpose tersebut sesuai letak tabel kalian pada sel Microsoft Excelc. Jika rumusnya sudah selesai maka kita bisa menekan tombol Ctrl+Shift+Enter pada keyboard untuk melihat hasilnya
Pastikan kalian menekan tombol kombinasi Ctrl+Shift+Enter , jika kalian hanya menekan tombol Enter saja maka rumusnya tidak akan berfungsiC. Setelah kalian melakukan cara di atas maka hasilnya akan menjadi seperti ini
Promo Menarik
Diskon Barang Elektronik Di Lazada Hingga 80%
Cek disini
Promo Cuci Gudang, Diskon Sampai 50%
Cek disini
Murah Pol - Barang Murah Berkualitas Mewah
Cek disini
Tampil Cantik Gak Perlu Mahal - Diskon 50%
Cek disini
Kumpulan Barang Untuk Kesehatan - Diskon 50%
Cek disini
kalau merubah dari kolom menjadi baris gmn ya?
ReplyDeletesama seperti cara di atas mas, bisa menggunakan paste special atau rumus tranpose, tapi yang paling mudah adalah menggunakan metode paste special.
Deletetinggal blok/seleksi seluruh isi sel kolom, kemudian klik kanan pada sel baris baru dan pilih paste special, beri centang pada tranpose kemudian klik ok
This comment has been removed by a blog administrator.
ReplyDeleteSaya punya data seperti ini
ReplyDeleteCustomer. Qty1. Qty2. Qty3.
Alfa 100. 200. 300
Apa bisa jadi seperti ini
Customer. Qty
Alfa 100
Alfa. 200
Alfa. 300
Salam
Imam
Tentu saja bisa gan
Deletecaranya cukup mudah, yakni hanya menggunakan rumus Ampersand (&) untuk menggabungkan data dari beberapa sel menjadi satu sel.
Contoh sel Customer berada di D5 dan sel Alfa berada di E5, maka rumus yang digunakan adalah seperti berikut
= D5& "" &E5
setelah itu tinggal kita terapkan rumus tersebut di sel lainnya, lalu tinggal tarik sel tersebut ke bawah atau kekanan untuk mengcopy rumusnya secara instan.
Mungkin jika ada kesempatan lainnya saya akan membuatkan tutorialnya di artikel selanjutnya
Saya sudah membuatkan tutorialnya di artikel berikut ini gan 2 Cara Menggabungkan Beberapa Data Sel Menjadi Satu Di Microsoft Excel 2007
DeleteSilahkan dibaca dan pahami artikel tersebut.
kalo data kaya gini misal
ReplyDeletejan 500 feb 300 maret 450 dst
diubah jadi gini bisa gak.
jan 500
feb 300
maret 450
dst.
mohon bantuannya. terimakasih
sepertinya tidak bisa, karena setahu saya rumus ini hanya bisa dipakai untuk tabel yang sejajar.
DeleteContoh Tabel A Tabel B Diubah menjadi
Tabel A
Tabel B
Itu masih bisa. Tapi kalau datanya tidak sejajar seperti yang anda maksud mungkin rumusnya akan berbeda lagi.
bisa tapi kerjaan ya nambah. satukan/merge dulu cell jan dan 500 , feb dan 300, maret dan 450 dst trus ditranspose. kalo pingin dipisahkan lagi cellnyanya jan dan 500 dst ya silahkan cari formulanya lagi
DeleteCoba pisahkan dulu menggunakan fitur text to column pada excel, nanti jd bisa lebih mudah pengerjaannya, tinggal determinate nya pakai apa
DeleteSaya punya data seperti ini:
ReplyDeleteNAMA RANKING SEM
Budi 1 1
Budi 3 2
Tomi 5 1
Tomi 2 2
akan saya ubah menjadi:
NAMA RANK SEM 1 RANK SEM 2
Budi 1 3
Tomi 5 2
Apakah bisa ya, terimakasih