Lazada

Cara Membuka File Rar & Zip Di HP Dan PC Dengan Mudah

No Comment November 07, 2019
Cara Membuka File Rar Di HP Dan PC Dengan Mudah. Tutorial ini saya buat atas inisiatif saya sendiri karena saya telah melihat banyak sekali orang yang tidak bisa membuka ataupun mengekstrak file yang berformat .rar dan .zip.

Meskipun jenis file ini sangat familiar bagi para pengguna komputer yang sudah paham dengan dunia komputer, ternyata file ini masih jarang diketahui oleh pengguna komputer yang masih awam, terutama mereka yang hanya menggunakan komputer siap pakai (software yang sudah terinstal otomatis dari vendor).

Tapi faktanya file jenis ini juga sering dipakai pada perangkat smartphone seperti HP dan Tablet untuk mengompresi berbagai macam file agar bisa tertata rapi, seperti file game, aplikasi, font dan lainnya supaya bisa di upload di Gmail, Google Drive, Whatsapp dan masih banyak lagi karena platform tersebut tidak mendukung untuk mengupload sebuah folder dan hanya support terhadap jenis file saja.

Cara Mengekstrak File Rar & Zip Di Smartphone Dan PC


1. Cara Membuka File Rar & Zip Di HP Android

Tutorial yang pertama yaitu cara untuk mengekstrak file yang berformat Rar dan Zip di HP Android kita menggunakan apk khusus yang bisa kalian download di google playstore ataupun via google drive milik saya.

1.1. Download Dan Instal Aplikasi ES Penjelajah
Silahkan kalian download secara online aplikasi ES Penjelajah di Google Playstore dan jika aplikasi tersebut mengalami error maka klik disini untuk mendownload ES Explorer versi lawas di Google Drive.
Setelah selesai mengunduh file apk tersebut silahkan kalian instal di hp kalian.

1.2. Buka Folder File Di ES Penjelajah
Langkah selanjutnya yaitu kalian hanya perlu membuka aplikasi ES Penjelajah dan buka lokasi penyimpanan file rar kalian.

1.3. Ekstrak File Rar & Zip
Cara Membuka File Rar & Zip Di HP
Setelah itu kalian ketuk tahan pada file .rar tersebut hingga muncul menu option seperti gambar di bawah ini, lalu pilih "Ekstrak ke", kemudian pilih opsi "Jalur saat ini" untuk mengekstrak file tersebut di lokasi folder yang sama. Kemudian pilih tombol "Ok" untuk memulai proses ekstraksi file tersebut.

Jika proses ekstraksi file Rar atau Zip tersebut sudah selesai maka akan muncul semua file yang ada didalam folder Rar tadi.
Cara Membuka File Rar & Zip Di HP 2

2. Cara Membuka File Rar & Zip Di Laptop Dan Komputer (PC) Windows

Tutorial selanjutnya yaitu cara untuk mengekstrak file Rar dan Zip di PC bagi pengguna windows 7, 8 dan 10 dengan memakai  aplikasi Winrar.

2.1. Download Dan Instal Aplikasi Winrar
Langkah pertama yaitu silahkan download file winrar.exe di situs resmi Winrar jika sudah selesai mendownloadnya, lalu instal aplikasi Winrar tadi.

2.2. Buka Lokasi File 
Kemudian buka lokasi file rar kalian di File Explorer
Cara Membuka File Rar & Zip Di Laptop Dan Komputer (PC)

2.3. Mulai Proses Untuk Ekstrak File
Setelah itu masuk ke dalam file rar yang ingin di ekstrak dengan memilih opsi "Extract to"
Cara Membuka File Rar & Zip Di Laptop Dan Komputer (PC) 2

Selanjutnya akan muncul sebuah jendela baru untuk menentukan lokasi penyimpanan file hasil yang telah diekstrak tadi, jika semua sudah kalian tentukan, silahkan klik "Ok" untuk memulai proses ekstraksi file tersebut.
Cara Membuka File Rar & Zip Di Laptop Dan Komputer (PC) 3

Jika proses ekstrak file tadi telah berhasil maka akan keluar semua file yang ada di dalam folder rar dan zip tersebut seperti gambar berikut.
Cara Membuka File Rar & Zip Di Laptop Dan Komputer (PC) 4

Tips: Sebenarnya ada cara yang lebih mudah, yaitu cukup "Klik kanan" pada file rar tersebut, lalu pilih opsi "Extract Here" kemudian tunggu prosesnya hingga selesai maka file tersebut telah berhasil di extract.

Baca juga:

Itulah artikel mengenai Cara Membuka File Rar & Zip Di Smartphone Dan PC, semoga bermanfaat ya sob. Jika ada kendala atau pertanyaan lainnya silahkan kirim saja melalui kolom komentar di bawah artikel ini.
Promo Menarik
Thumbnail
Diskon Barang Elektronik Di Lazada Hingga 80%
Cek disini
Thumbnail
Promo Cuci Gudang, Diskon Sampai 50%
Cek disini
Thumbnail
Murah Pol - Barang Murah Berkualitas Mewah
Cek disini
Thumbnail
Tampil Cantik Gak Perlu Mahal - Diskon 50%
Cek disini
Thumbnail
Kumpulan Barang Untuk Kesehatan - Diskon 50%
Cek disini

Comments

Lazada