Lazada

Fungsi VLOOKUP Dan HLOOKUP Di Microsoft Excel 2007

No Comment February 09, 2018
Panduan Lengkap Microsoft Excel 2007

Pengertian Dan Contoh Fungsi Untuk Penggunaan VLOOKUP Dan HLOOKUP Di Microsoft Excel 2007 Dengan Lengkap


Baca juga postingan sebelumnya yang berjudul Penggunaan Rumus Logika IF Di Microsoft Excel 2007

1. Pengertian Fungsi VLOOKUP

VLOOKUP digunakan untuk membaca suatu data dalam sel yang berurutan secara vertical atau tegak dengan menggunakan data tabel perbandingan sebagai sumber data yang akan digunakan.
Bentuk penulisan rumusnya adalah seperti ini : =VLOOKUP(lookup_value;table_array;col_index_num;[range_lookup])
Contoh penggunaan fungsi VLOOKUP:


Pengertian Fungsi VLOOKUP Di Microsoft Excel

Dan hasilnya akan menjadi seperti ini

Hasil Pengertian Fungsi VLOOKUP Di Microsoft Excel

Pengertian :
Didalam gambar diatas menjelaskan bahwa untuk mencari hasil lulusan sekolah yang bernama Amel maka bentuk rumusnya adalah =VLOOKUP(C6;$G$8:$I$11;2)
Sel Kode
Sel C6 berfungsi sebagai penanda atau kode sel yang sama dengan data tabel perbandingan
Sel Kolom
Sel Range $G$8:$I$11 berfungsi sebagai tempat untuk membaca suatu data keseluruhan dalam tabel yang ada di sel aktif (area seleksi)
Sel Pencari (Pembaca)
Angka 2 berguna sebagai landasan atau patokan untuk mencari data sesuai dengan nomor urut secara vertikal
Lalu bagaimana untuk data dalam tabel kolom gaji ?
Untuk mencarinya data dalam tebel kolom gaji kita bisa gunakan rumus =VLOOKUP(C6;$G$8:$I$11;3)
Secara sekilas penulisan rumusnya hampir mirip, akan tetapi ada sebuah perbedaan yaitu pada penulisan angka pada akhir rumus. Jadi kita dapat menyimpulkan bahwa jika kita menulis angka 2 maka hasilnya akan mencari data dalam kolom nomor urut 2, apabila jika kita menulis angka 3 maka hasilnya akan mencari data dalam kolom nomor urut 3


2. Pengertian Fungsi HLOOKUP

HLOOKUP digunakan untuk membaca suatu data dalam sel yang berurutan secara horizontal atau mendatar  dengan menggunakan data tabel perbandingan sebagai sumber data.
Bentuk penulisan rumusnya adalah seperti ini : =HLOOKUP(lookup_value;table_array;col_index_num;[range_lookup])
Contoh penggunaan fungsi HLOOKUP:

Hasil Pengertian Fungsi HLOOKUP Di Microsoft Excel

Pengertian :
Didalam gambar diatas menjelaskan bahwa untuk mencari komponen komputer yang bernama Motherboard maka bentuk rumusnya adalah =HLOOKUP(D9;$H$13:$K$14;2)
Sel Kode
Sel D9 berfungsi sebagai penanda atau kode sel yang sama dengan data tabel perbandingan
Sel Kolom
Sel Range $H$13:$K$14 berfungsi sebagai tempat untuk membaca suatu data keseluruhan dalam tabel yang ada di sel aktif (area seleksi)
Sel Pencari (Pembaca)
Angka 2 berguna sebagai landasan atau patokan untuk mencari data sesuai dengan nomor urut secara horizontal

Cukup sampai disini dulu tutorial Microsoft Excel tentang Fungsi VLOOKUP Dan HLOOKUP yang dapat saya sampaikan kepada kalian, apabila ulasan ini sulit untuk dipahami atau kalian kurang mengerti maka kalian juga bisa bertanya melalui kolom komentar yang ada dibawah postingan ini. Sampai jumpa di tutorial lainnya di zona internetku
Baca juga tutorial selanjutnya Cara Mengambil Karakter Di Microsoft Excel 2007

Promo Menarik
Thumbnail
Diskon Barang Elektronik Di Lazada Hingga 80%
Cek disini
Thumbnail
Promo Cuci Gudang, Diskon Sampai 50%
Cek disini
Thumbnail
Murah Pol - Barang Murah Berkualitas Mewah
Cek disini
Thumbnail
Tampil Cantik Gak Perlu Mahal - Diskon 50%
Cek disini
Thumbnail
Kumpulan Barang Untuk Kesehatan - Diskon 50%
Cek disini

Comments

Lazada