Lazada

3 Cara Mengatasi Google Analytics Yang Error

No Comment August 13, 2018
Tampilan Google Analytic Pada Blog Menjadi Error
Tampilan Google Analytics Pada Blog Menjadi Error
Cara Mengatasi Google Analytics Yang Error. Hal ini merupakan salah satu pengalaman saya saat membuka situs Google Analytics pada blog saya, dan saya terkejut ketika data statistik yang ada di dalam Google Analytics tiba tiba menjadi error dan tidak memunculkan data para pengunjung di blog saya, meskipun itu muncul tapi hanya kurang dari 10 visitor saja, padahal saya memasang kode Google Analytics tapi masih saja error dan suka berhenti.

Akhirnya saya browsing kesana kemari dan menemukan solusinya di https://bloggerperempuan.co.id di sana ada artikel yang berjudul [Troubleshooting] Mengapa Google Analytics Saya Error, Tidak Ada Datanya? akhirnya saya baca dan saya praktekkan ternyata berhasil. Nah jika kalian mengalami hal yang sama seperti saya maka kalian bisa mencoba tutorial di bawah ini.

Untuk kalian yang belum mengenal Google Analytics silahkan simak artikel ini Mengenal Google Analytics.

Cara Ampuh Untuk Mengatasi Google Analytics Error Yang Terus Berhenti

1. Pastikan ID Tracking Google Analytics Di Pasang Dengan Benar

Kenapa data pada Analytics tiba tiba menghilang dan terus berhenti?
Bisa jadi itu disebabkan karena ID Analytics pada blog kalian telah hilang, maka dari itu pastikan ID Tracking Google Analytics sudah terpasang dengan benar.

Jika id tracking yang di blog kalian itu salah atau berbeda maka sudah dapat di pastikan kalau masalahnya ada di sini, berarti kalian harus memasang ulang kode id tracking google analytics di blog kalian dengan benar.
Klik disini untuk Cara Mendaftarkan Blog Ke Google Analytics

2. Periksa Data File gtag.js Di Template Blog

Untuk masalah yang satu ini sering terjadi pada saat kalian mengganti tampilan (template) blog, tiba tiba data statistik di google analytics tidak memunculkan data sama sekali.

Hal ini dikarenakan file gtag.js pada template blog kalian telah hilang akibat dari setelah ganti template yang baru, jika demikian maka solusinya yaitu kalian harus memasangnya kembali file gtag.js ke dalam template blog kalian
Baca juga:

3. Pastikan Meta Tag Google Analytics Terpasang

Sudah melakukan begini begitu tapi masalahnya tidak kelar kelar, terus ini bagaimana? nah ini masalah yang pernah saya alami dulu.

Ternyata hal ini di akibatkan oleh meta tag google analytics yang ada di template blog kita tidak ada (tidak terpasang).

Biasanya hal ini juga diakibatkan dari kita setelah mengganti template blog baru yang dimana si pembuat template lupa tidak memasangkan meta tag google analytics tersebut.

Untuk solusinya adalah memsang meta tag Google Analytics
  • Masuk ke dalam blog kalian
  • Selanjutnya pilih menu "Tema (Template)" dan pilih "Edit HTML"
  • kemudian salin meta tag di bawah ini
<b:include data=’blog’ name=’google-analytics’/>
  • Kemudian cari kode <head> dan letakkan tersebut di bawahnya
  • Jika sudah klik "Simpan Tema"

Kenapa Data Statistik Di Blogspot Dan Google Analytics Kok Berbeda ?

Ya jelas beda lah, data yang ada di statistik blogger itu kurang akurat karena statistik blogger tidak bisa membedakan yang mana visitor asli (masnusia) dan mana yang dari robot, jadi semua statistik yang ada di blogger itu digabung menjadi satu.

Berbeda dengan Google Analytics yang bisa membedakan antara robot dan juga pengunjung manusia, jadi data yang di tampilkan oleh Google Analytics itu sangat akurat sekali

Demikian tadi pembahasan singkat mengenai Cara Mengatasi Google Analytics Error Yang Berhenti, jika kalian sudah mengikuti panduan di atas maka sudah dapat di pastikan data statistik di Google Analytics akan kembali normal lagi

Referensi:
26 Juli 2018 https://bloggerperempuan.co.id/google-analytics-error-tidak-ada-data
Promo Menarik
Thumbnail
Diskon Barang Elektronik Di Lazada Hingga 80%
Cek disini
Thumbnail
Promo Cuci Gudang, Diskon Sampai 50%
Cek disini
Thumbnail
Murah Pol - Barang Murah Berkualitas Mewah
Cek disini
Thumbnail
Tampil Cantik Gak Perlu Mahal - Diskon 50%
Cek disini
Thumbnail
Kumpulan Barang Untuk Kesehatan - Diskon 50%
Cek disini

Comments

Lazada